5 Solusi Saat Insomnia

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Anda masih terjaga atau belum tidur hingga jam 2 pagi atau hingga subuh? Mungkin Anda sudah mengidap insomnia atau susah tidur. Insomnia adalah gangguan susah tidur yang biasanya merupakan gejala dari suatu kondisi yang mungkin tidak Anda sadari, seperti stress, depresi, atau mungkin penyakit kronis.

Orang-orang yang mengalami insomnia akan mendapati diri mereka susah tidur hingga subuh dan selalu terjaga hingga pagi. Setelah pagi, baru mereka bias terlelap. Insomnia yang cukup parah biasanya akan ditangani oleh dokter ahlinya. Jika insomnia Anda belum terlalu parah, mungkin Anda bisa mencoba beberapa cara berikut:

Membiasakan Tidur Teratur

Carilah kegiatan yang bisa membuat Anda mengantuk. Anda juga bisa membiasakan diri dengan rutinitas tidur yang teratur. Begitu juga saat, akhir pekan. Biasakan tidur sebelum jam 12 malam dan bangun sebelum jam 8 pagi. Dengan mempunyai rutinitas tidur yang teratur, insomnia Anda akan hilang perlahan.

insom1
copyright: vemale.com

Jangan Merokok

Jika Anda perokok dan mengalami insomnia, berhentilah merokok mulai sekarang. Nikotin pada rokok dapat menyebabkan jam biologis yang ada didalam otak dan paru-paru terganggu. Hal ini membuat tubuh terhalang dari tidur nyenyak dan selalu terbangun pada dini hari.

Batasi Kafein yang Dikonsumsi

Batasi kafein yang Anda konsumsi dalam segelas kopi. Jika Anda memang penggemar kopi, usahakan tidak meminum kopi setelah jam 7 malam. Lalu batasi juga per gelas dari kopi yang Anda konsumsi tiap harinya. Kafein dalam kopi apalagi kafein yang sangat kuat membuat Anda susah tidur pada malam harinya.

Jangan Bekerja Sebelum Tidur

Jangan membuat otak sibuk dengan pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas kuliah yang menumpuk. Hal tersebut akan menghalangi tubuh dan otak Anda untuk beristirahat dengan baik dan berkualitas. Pastikan Anda menghentikan segala aktivitas bekerja paling tidak 2 jam sebelum Anda pergi tidur.

Perbanyak Konsumsi Magnesium

Konsumsilah makanan yang tinggi akan zat magnesium. Contohnya kacang almond, bayam, kacang mede, dan makanan yang tinggi akan serat dan vitamin B. Makanan-makanan tersebut akan membantu Anda untuk cepat tidur dan tidur Anda akan lebih nyenyak di malam hari.

tidur2
copyright: insomsolution.com

 

Nah, itulah solusi yang bisa anda coba jika Anda mangalami insomnia atau sering terbangun di malam hari. Tidur yang berkualitas dan nyenyak sangat penting untuk tubuh agar keesokan hari Anda bisa bekerja lebih maksimal lagi.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+