5 Tips Mudah Merawat Pakaian Sutra

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Pakaian yang berbahan sutra tentu menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan penampilan yang anggun. Pakaian sutra akan terlihat sangat elegan saat membalut tubuh pemakainya. Selain itu, kain sutra juga sudah terkenal sebagai kain dengan kualitas terbaik di dunia, karena memiliki tekstur yang sangat lembut, mulus, namun tidak licin.

Namun pakaian ini tentu saja tidak murah harganya. Jelas akan sangat disayangkan jika Kamu sudah mengeluarkan uang banyak untuk membeli pakaian sutra ini namun tidak tahu cara dalam merawatnya. Kesalahan dalam perawatan hanya akan membuat pakaian sutra menjadi lebih cepat rusak dan mengalami perubahan warna sehingga nilainya tidak istimewa lagi.

Sangat penting untuk menjaga pakaian sutra agar bisa tetap awet. Perawatan yang diterapkan juga jelas sangat berbeda dengan pakaian jenis lainnya. Untuk itu, kami akan memberikan tips agar pakaian sutra Kamu bisa lebih terjaga dan tetap memiliki nilai tinggi.

5 Tips Mudah Merawat Pakaian Sutra
foto copyright by www.doktercantik.com

Jangan Menggunakan Mesin Cuci

Hindari untuk mencuci pakaian sutra dengan menggunakan mesin cuci. Hal ini bisa Kamu lihat pada bagian kerahnya dimana terdapat tulisan Dry Clean Only. Artinya, gunakanlah jasa binatu dalam mencuci pakaian sutra Kamu. Selain itu, pastikan pula agar layanan binatu yang Kamu gunakan memang menyediakan jasa Dry Clean.

Namun bagi Kamu yang lebih memilih untuk mencuci sendiri, maka sebaiknya cuci secara manual dengan menggunakan tangan. Pastikan pula agar tidak ada bagian yang terlipat ketika Kamu masih merendam pakaian sutra. Jika ada bagian yang kotor, maka kuceklah secara perlahan dan hati-hati agar tidak merusak pakaian tersebut.

Cuci dengan Air Hangat

Sangat dianjurkan untuk mencuci pakaian sutra dengan menggunakan air hangat. Lagi pula, air hangat tidak akan merusak bahan sutra dan juga bisa membantu untuk membersihkan kototran secara lebih cepat. Yang perlu diperhatikan adalah dengan mengatur temperatur suhu tetap di angka 30 derajat. Selain itu, air hangat juga memiliki fungsi untuk melapisi kain sutra agar tetap bersinar. Setelah itu, bilas kain sutra Kamu dengan segera maksimal 3 kali bilasan.

Gunakan Sabun Cair / Shampo

Tips merawat pakaian sutra selanjutnya adalah dalam pemilihan detergen. Sebaiknya gunakan sabun cair untuk mencuci karena bahan sutra sangat sensitif terhadap detergen yang memiliki kandungan alkali. Senyawa ini bisa membuat wanra dari pakaian sutra Kamu menjadi pudar dan akan merusak serat dari kain. Hal ini jelas akan mengurangi kualitas dari pakaian sutra Kamu.

Jangan Diperas

Banyak orang yang melakukan kesalahan saat mencuci pakaian sutra dengan memeras sebelum menjemur. Hal ini sangat tidak disarankan karena bisa membuat pakaian sutra Kamu mengalami kerusakan pada bagian seratnya karena perasan tadi. Maka dari itu, hindarilah untuk memeras kain sutra Kamu.

Saat akan mengeringkan, cukup mengangin-anginkan saja di tempat teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung, namun pastikan agar sirkulasi udaranya cukup. Kamu bisa juga mengeringkan kain sutra dengan melapisinya menggunakan handuk sebagai langkah untuk menyerap air. Perlu dipahami bahwa paparan sinar matahari bisa membuat kain sutra menjadi lebih cepat pudar.

Cuka Untuk Membersih Noda

Saat Pakaian sutra Kamu memiliki noda yang sangat sulit untuk dibersihkan, maka sebaiknya gunakanlah cuka untuk membersihkannya. Oleskan cuka pada area yang memiliki noda, setelah itu gosok perlahan dengan jari Kamu hingga nodanya hilang. Pastikan pula untuk tidak menggunakan pemutih.

Dengan menerapkan tips merawat pakaian sutra di atas, maka dijamin kain sutra Kamu akan tetap awet sehingga kesan elegan tetap bisa Kamu dapatkan saat menggunakannya. Jangan lupa Like Facebook Page, Follow Twitter, Add Google+ dan kunjungi Kaskus Celoteh Wanita untuk terus mendapatkan informasi wanita seputar fashion, kecantikan, kesehatan, diet dan lain-lain yang dikemas secara menarik.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+