5 Tips Penting Saat Membeli Baju

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Saat ini, ada banyak jenis model dan merk baju yang berhasil menjajaki industri fashion Indonesia. Hal ini menanadakan bahwa minat serta perilaku konsumtif dari masyarakat Indonesia sangat tinggi terhadap dunia fashion.

Meskipun demikian, pasar fashion Indonesia yang ramai tidak menjadi sebuah jaminan bahwa pakaian yang ditawarkan akan selalu awet saat digunakan. Bahkan banyak pakaian yang bermerek sekalipun sering tidak terlihat cocok saat dikenakan oleh beberapa orang. Hal ini menkamukan bahwa harga dan merek tidak menjadi jaminan apakah baju yang dikenakan akan terlihat sesuai, semuanya kembali kepada kemampuan konsumen dalam memilih.

Lantas, hal-hal seperti apakah yang harus diperhatikan saat hendak membeli baju?

5 Tips Penting Saat Membeli Baju (2)

1. Baju yang Nyaman

Apabila kamu tipikal orang yang menomor satukan merek di atas segala-galanya, maka sebaiknya fokuslah terhadap merek tersebut. Hal ini akan membuat kamu merasa lebih nyaman saat mengenakan baju tersebut. Bagi beberapa orang, menggunakan baju dengan merek yang asing hanya akan membuatnya merasa kurang nyaman dan kehilangan kepercayaan diri.

Namun perlu dipahami bahwa baju yang bermerk tidak akan menjamin bahwa cocok untuk kamu kenakan. Maka dari itu, pastikan untuk memilih baju yang memiliki model dan ukuran yang benar-benar sesuai dengan kamu. Tidak ada salahnya untuk meminta pendapat dari orang lain, apalagi penampilan kamu nantinya akan dilihat oleh orang banyak.

2. Lupakan Merk Baju

Apabila kamu termasuk pribadi yang tidak terlalu mempermasalahkan merek baju, maka kamu akan memiliki banyak opsi dalam membeli baju. Hal ini tentu akan sangat mengungtungkan mengingat Kamu tidak memiliki batasan dalam hal model baju.

Bahkan ada banyak baju-baju di luaran sana yang memiliki model dan bahan yang lebih baik dibandingkan dengan baju-baju bermerek. Maka tak heran jika banyak orang yang lebih memilih untuk mencari baju di toko-toko pakaian atau distro dibanding dengan berbelanja di mall atau butik.

3. Bahan Baju

Tips penting saat membeli baju selanjutnya adalah dengan memperhatikan bahan yang digunakan pada baju tersebut. Bagi kebanyakan orang, bahan adalah prioritas utama saat memilih baju. Banyak yang menganggap bahwa merk dan model bukanlah hal yang istimewa jika baju tersebut memiliki bahan yang tidak nyaman saat dikenakan.

Hal ini berarti kamu harus benar-benar memiliki pengetahuan mengenai bahan-bahan apa saja yang bisa membuat kamu merasa nyaman saat mengenakannya. Pasalanya, ada beberapa orang yang mengalami alergi terhadap bahan kain tertentu.

4. Perawatan Baju

Kamu juga perlu memperhatikan bagaimana cara dalam merawat baju tersebut ke depannya. Untuk baju-baju yang bermerek, biasanya terdapat cara perawatan di bagian dalam pada sisi kerah dengan menggunakan simbol-simbol tertentu. Hal ini bertujuan agar kamu memiliki pengetahuan yang benar dalam merawat pakaian tersebut.

Sebagai contoh, simbol setrika yang dicoret merupakan pertkamu bahwa kamu tidak boleh menyetrika baju tersebut dengan menggunakan suhu tinggi atau tidak boleh menyetrikanya sama sekali. Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan oleh baju tersebut memang sangat tidak cocok untuk terkena suhu panas.

Kebanyakan orang menjadikan hal seperti ini sebagai sesuatu yang sepele, namun akhirnya pakaian mereka akan menjadi lebih mudah rusak dikarenakan tidak memperhatikan hal-hal kecil seperti ini. Pentunjuk perawatan ini sengaja diberikan agar konsumen bisa memiliki pakaian yang awet.

5. Harga Baju

5 Tips Penting Saat Membeli Baju

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan ketika hendak membeli baju adalah memperhatikan harga. Pastikan untuk selalu melihat harga yang ada pada baju tersebut. Jika kamu memang memiliki waktu lebih, maka sebaiknya bandingkan harga baju tersebut dengan toko lainnya. Biasanya harga yang ditawarkan oleh satu toko berbeda dengan toko lainnya sehingga butuh ketelitian bagi kamu agar bisa mendapatkan baju yang lebih murah.

Perlu dipahami bahwa tidak semua baju sesuai dan nayaman untuk dikenakan oleh siapa saja. Maka dari itu perhatikan model, bahan, hingga harga yang ditawarkan.

Sejumlah tips penting saat membeli baju di atas bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan saat hendak membeli baju. Hal ini jelas bertujuan agar kamu tidak kecewa saat membeli baju dan merasa lebih puas saat mengenakannya.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+