7 Macam Diet Aman untuk Tubuh

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Diet banyak dilakukan oleh para wanita untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Tetapi kebanyakan wanita di Indonesia melakukan diet tidak memerhatikan asupan gizi yang dikonsumsi. Beberapa wanita bahkan mengidap anoreksia hingga bulimia karena terobsesi dengan tubuh kurus.

diet
Copyright: mediasehat.com

Akibatnya diet tidak berhasil dan jatuh sakit karena kekurangan gizi. Berikut ini ada 7 jenis diet yang aman dilakukan dan tentu saja kaya akan asupan gizi.

1. Diet Mayo

Diet mayo pertama kali diperkenalkan oleh mayoclinic.com. Diet mayo dilaksanakan selama 13 hari dengan mengikuti menu yang sudah disusun oleh mayoclinic.com. Pantang garam dan air es adalah syarat utama di dalam diet mayo. Menu yang disusun pun terdiri dari karbohidrat, vitamin, dan protein.

2. Diet OCD

Diet OCD pertama kali diperkenalkan oleh mentalis dan host Indonesia, Deddy Corbuzier. OCD adalah singkatan dari Obsessive Corbuzier’s Diet. Diet OCD tidak melarang anda untuk mengkonsumsi apapun, tapi diet OCD menggunakan sistem puasa. Anda boleh makan selama 8 jam, 6 jam, atau 4 jam. Selain itu, anda tidak boleh makan lagi dan hanya boleh minum air putih.

3. Diet Kentang

diet kentang
Copyright: potatoes.com

Diet kentang adalah diet yang kebanyakan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Diet ini menggunakan kentang sebagai pengganti nasi. Dengan cara kentang diolah tanpa garam, dan hanya direbus, di mashed, atau dipanggang.

4. Diet Nasi Merah

Diet nasi merah mungkin yang paling menyenangkan karena kita tidak dilarang makan nasi. Hanya saja nasi putih yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan memilki rasa manis diganti dengan nasi merah yang tidak manis dan memiliki banyak serat. Tapi, tetap diseimbangkan dengan lauk pauk yang sehat pula.

5. Diet Vegetarian

Vegan-Diet
copyright: healthyshakeoutlet.com

Diet vegetarian juga sudah lama dikenal dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Disamping selalu dikaitkan dengan budaya atau agama, diet vegetarian sangat bagus untuk kesehatan. Diet vegetarian adalah melarang untuk mengkonsumsi hewani, seperti daging dan telur. Beberapa studi membuktikan, vegetarian memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas.

6. Diet Rendah Lemak

Beberapa orang sangat susah menjalani diet rendah lemak, karena diet rendah lemak mengharuskan pantang gorengan, susu, dan bahan makanan lain yang mengandung lemak tinggi. Daging ikan dan kacang-kacangan yang hanya boleh dikonsumsi oleh para orang yang menjalani diet rendah lemak.

7. Diet Food Combining

Diet food combining juga sudah lama dikenal di Indonesia. Diet food combining adalah metode diet yang tidak membatasi jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Metode diet yang satu ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang alami seperti sayur-sayuran dan buah segar yang langsung tanpa melewati proses pencernaan yang rumit.

Diet yang benar dan sehat ialah diet yang memenuhi nutrisi dan membuat tubuh Anda menjadi sesuai yang Anda inginkan, tetapi juga sehat. Bukan membuat Anda terobsesi dan jatuh sakit. Demikian tips pilihan diet yang aman dan sehat yang bisa Anda pilih.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+