8 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Mayoritas masyarakat Indonesia pasti tahu dan menyukai buah alpukat. Buah alpukat sering digunakan untuk minuman jus. Selain enak untuk diolah menjadi minuman jus, ternyata buah alpukat sangat banyak manfaatnya.

Sumber serat yng tinggi merupakan salah satu alsan mengapa Anda harus mulai menghidangkan buah alpukat dalam keseharian Anda. Tips kali ini memberi pengetahuan tentang beberapa manfaat penting dari buah alpukat. Berikut manfaat buah alpukat bagi kesehatan kita.

avocado
copyright: tribunnews.com

 

1. Menjaga Stabilisasi Kardiovaskular

Menurut sejumlah penelitian, buah alpukat mengandung banyak asam oleat tak jenuh tunggal yang berguna untuk mengurangi LDL (kolesterol jahat) dalam darah dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Asam oleat tak jenuh sangat dianjurkan untuk ada di setiap makanan yang kita konsumsi.

2. Menurunkan Berat Badan

Dianggap tinggi lemak dan kalori, masyarakat Indonesia masih menganggap bahwa buah alpukat akan menambah berat badan. Persepsi seperti ini jelas salah karena penelitian membuktikan bahwa buah alpukat sangat baik digunakan sebagai pembakaran energi dan tidak menyimpan lemak dalam tubuh. Buah alpukat cocok untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan bagi anda yang sedang melakukan diet.

3. Mencegah Kanker

Buah alpukat kaya akan zat fitokimia yang dapat membantu mencegah kanker tertentu. Mengkonsumsi buah alpukat 1 kali sehari dipercaya akan membunuh sel-sel kanker dalam tubuh.

avocado juice
copyright: healthyday.com

4. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Buah alpukat juga dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit lho. Buah alpukat dapat menghaluskan dan melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda penuaan dini. Vitamin E yang terkandung dalam buah alpukat berguna untuk mencegah penuaan dari paparan sinar matahari. Juga vitamin C di dalam buah alpukat yang berguna untuk menciptakan elastin dan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap sehat dan kencang.

5. Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Masyarakat Indonesia selalu menganggap wortel lah yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Jangan salah lho, buah alpukat juga bisa menjaga kesehatan mata kita. Karena buah alpukat adalah sumber lutein karotenoid yang diketahui membantu melindungi kesehatan mata yang disebabkan oleh bertambahnya usia seperti degenerasi makula dan katarak.

6. Mengurangi Resiko Stroke

Kandungan asam folat yang cukup tinggi di dalam buah alpukat sudah dibuktikan dapat melindungi dan mencegah penyakit stroke. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi asupan kaya asam folat seperti buah alpukat memiliki resiko yang lebih rendah terserang stroke.

7. Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Buah alpukat adalah salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan organ jantung anda. Karena buah alpukat mengandung beberapa nutrisi penting yang berperan besar terhadap kesehatan organ jantung yang terus meningkat.

8. Meningkatkan Imun Tubuh

Sumber vitamin C yang cukup tinggi yang terkandung pada buah alpukat dipercaya dapat menjaga dan meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh seseorang. Vitamin C akan membuat tubuh seseorang tidak mudah terserang penyakit musiman atau adanya perubahan cuaca yang tidak menentu.

Tubuh selalu membutuhkan serat setiap hari dan kita bisa mendapatkannya dari buh alpukat. Demikian beberapa tips tentang manfaat buah alpukat bagi kesehatan Anda. Semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+