Apa Untungnya Menjadi Seorang Vegetarian?

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Istilah vegetarian belakangan semakin dikenal karena banyak orang mengikuti gaya hidup ini. Vegetarian adalah gaya hidup yang menekankan pada konsumsi tumbuhan dan menjauhi daging. Seperti kita tahu, sumber protein tidak hanya berasal dari hewan saja, tapi juga tumbuhan. Itulah mengapa orang-orang tidak takut kekurangan asupan nutrisi jika mereka beralih ke gaya hidup ini. Lalu, apa untungnya menjadi seorang vegetarian? Ada banyak manfaat sebenarnya, mulai dari menjaga berat badan hingga konservasi lingkungan.

Apa Untungnya Menjadi Seorang Vegetarian

Ada penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa jika manusia mengikuti gaya hidup ini secara massal, maka ada triliunan dolar yang bisa dihemat. Penghematan tersebut berasal dari biaya pengobatan akibat emisi gas rumah kaca. Namun untuk sampai ke tujuan tersebut, banyak orang harus berkomitmen untuk setidaknya mengurasi asupan daging dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Kebiasaan ini dipercaya bisa menurunkan resiko kematian mulai dari 6 hingga 10 person. Kemudian, resiko kematian karena faktor gas rumah kaca juga bisa dikurangi secara signifikan, mencapai 29 persen.

Studi ini dilakukan dengan melakukan perbandingan terhadap berbagai macam diet, mulai dari diet hewani dan vegetarian. Dari sana terungkap bahwa diet vegetarian punya dampak positif paling besar terhadap konservasi lingkungan. Seperti dilansir sala satu majalah UK, diet ini mampu memperpanjang hidup pada 8,1 juta orang setiap tahunnya. Dan dari sana juga terdapat penghematan sebesar 1 triliun USD. Mungkin studi ini tidak cukup menggerakan minat masyarakat untuk berubah ke gaya hidup vegan, tapi setidaknya kampanye harus terus dilakukan supaya orang semakin sadar tentang betapa pentingnya arti usia dan kelestarian lingkungan.

Menjadi seorang vegan tidak susah, tapi memang butuh perjuangan terutama bagi mereka yang sudah terbiasa menikmati lezatnya daging. Untuk menjadi seorang vegan, anda harus fokus mengkonsumsi sumber makanan nabati, seperti biji-bijian, buah, sayur, kacang-kacangan, dll. Ada banyak nutrisi di dalamnya, jadi jangan khawatir karena anda tidak akan mengalami malnutrisi hanya karena memakan sayuran saja.

Protein hewani tidak hanya berasal dari daging saja, tapi produk turunannya seperti susu dan keju juga perlu dihindari jika anda benar-benar serius untuk menjalani gaya hidup ini. Ada banyak alternatif lain yang bersifat nabati sebagai pengganti susu dan keju. Nah, sekarang anda tahu apa untungnya menjadi seorang vegetarian. Mungkin anda akan tergerak untuk melakukannya.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+