Bagaimana Cara Memandikan Si Kecil Hingga Bersih

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anak mereka. Jika anda adalah seorang ibu, perawatan terkecil bisa dimulai dengan memandikan anak dengan benar. Anak-anak cenderung mudah berkeringat, jadi anda harus tahu bagaimana cara memandikan si kecil hingga bersih. Ada beberapa bagian yang tidak bisa luput dari perhatian. Dimulai dari ketiak, ini merupakan salah satu bagian tersembunyi.

Bagaimana Cara Memandikan Si Kecil Hingga Bersih

Jangan pernah lupa untuk menggosok ketiak dengan air dan sabun karena disini biasanya kotoran seringkali menumpuk. Jika tidak, anak bisa mengalami gatal-gatal akibat bakteri yang bersarang disana. Jika tidak rutin membersihkan ketiaknya, anak juga bisa terkena penyakit kulit. Bagian tersembunyi lain yang juga perlu dibersihkan adalah pusar. Bahkan banyak orang dewasa yang tidak begitu telaten hingga seringkali melewatkan bagian ini.

Untuk anak kecil, karena mereka lebih rentan terkena penyakit, sebaiknya anda memandikan mereka hingga bersih. Pusar bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri, jadi jangan lupa untuk membasuh area tersebut dengan air dan sabun. Jika tidak bisa dijangkau dengan jari, pakai cotton bud atau pengorek telinga. Anda tidak harus selalu membersihkan pusar setiap kali mandi. Beberapa kali seminggu sudah cukup. Namun jika anak suka bermain kotor-kotoran, frekuensinya bisa ditambah.

Berikutnya, anda juga harus membersihkan rambut si kecil dengan shampo. Anda bisa memilih shampoo  yang tidak pedih di mata. Keramas juga tidak perlu terlalu sering. Dua kali seminggu sudah cukup. Jika terlalu sering, rambut bisa kehilangan kelembaban alaminya dan membuatnya kering. Saat mandi, anda juga bisa langsung mengajak si kecil untuk menggosok gigi. Ini adalah rutinitas wajib yang tidak boleh dilewatkan.

Anda tentu tidak mau anak mengalami sakit gigi karena kurang telaten merawat kebersihan mulut. Sela-sela gigi bisa menjadi tempat favorit bagi perkembangbiakan bakteri. Membersihkan gigi menjadi semakin penting jika anak suka mengkonsumsi makanan manis karena makanan ini sangat disukai bakteri. Pakai pasta gigi khusus dengan rasa buah jika anak belum terbiasa dengan pasta gigi yang rasanya pedas. Organ intim juga perlu dibersihkan, dari depan hingga ke belakang karena bagian tersebut letaknya tersembunyi. Nah, sekarang anda tahu bagaimana cara memandikan si kecil hingga bersih.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+