Bagaimana Cara Menghadapi Cuaca Yang Panas

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Indonesia adalah negara tropis, jadi yang namanya panas sudah menjadi makanan sehari-hari bagi kebanyakan dari kita. Tapi ada waktunya dimana panas bisa benar-benar mengganggu. Panas berlebih terkadang membuat kita enggan untuk bepergian dan tinggal di dalam rumah dengan ac menyala. Lalu, bagaimana cara menghadapi cuaca yang panas? Suhu panas tidak akan terlalu menyiksa jika anda melakukan beberapa trik berikut ini:

Bagaimana Cara Menghadapi Cuaca Yang Panas

Pertama, pakai pakaian yang terbuat dari bahan bernafas seperti katun. Jenis kain ini dikenal mampu menangkal hawa panas. Selain itu, anda juga perlu memakai pakaian yang agak longgar. Ini agar hawa panas yang berasal dari dalam tubuh tidak terisolasi. Tidak hanya menghadapi panas dari luar, tapi kita tahu bahwa tubuh juga menghasilkan panas lewat proses metabolisme.

Selain katun, ada beberapa alternatif lain seperti linen dan rayon. Hindari memakai wol karena jenis kain ini biasanya dipakai saat musim dingin mengingat karakter utama dari wol adalah mengisolasi panas. Selain itu, wol juga tidak menyerap keringat dengan baik. Sekali berkeringat, sekujur tubuh akan menjadi basah semua. Selain itu, hindari memakai warna gelap karena warna gelap cenderung menyerap panas.

Tips penting lainnya adalah cukupi kebutuhan minum air putih. Saat cuaca panas, kita cenderung mudah merasa haus karena air yang berada di dalam tubuh menguap ke lingkungan sekitar. Jika sudah mulai merasa haus, itu artinya anda sudah harus minum air karena jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, anda akan mengalami dehidrasi. Jika sudah dehidrasi, tubuh akan terasa lemas dan anda jadi tidak semangat lagi untuk melanjutkan aktivitas.

Anda juga bisa mengkonsumsi buah seperti semangka atau pir karena di dalamnya ada banyak kandungan airnya. Selain itu, komposisi buah tidak hanya air saja, tapi juga vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Maka dari itu, baik saat bekerja maupun berada di dalam rumah, anda harus punya stok buah untuk dikonsumsi. Selain yang disebutkan tadi, anda juga bisa makan stroberi, mentimun, jeruk, dan yang lainnya.

Berolahraga juga bisa membantu mengeluarkan panas di dalam tubuh. Setelah mengeluarkan keringat dan mandi, tubuh akan menjadi jauh lebih rileks daripada sebelumnya dan hawa panas tidak akan begitu terasa. Nah, sekarang anda tahu bagaimana cara menghadapi cuaca yang panas.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+