Bagaimana Supaya Pasta Bisa Tahan Lebih Lama?

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Makanan basah biasanya memang lebih cepat membusuk dibandingkan dengan makanan kering. Anda mungkin termasuk orang yang gemar menyantap pasta. Rasa pasta memang lezat dan beragam, sehingga banyak orang menyukainya. Pasta disukai juga karena mudah dikombinasikan dengan makanan lain. Makanan asal Italia ini tidak hanya terkenal di negaranya sendiri, namun sudah merambah berbagai negara di seluruh dunia.

Bagaimana Supaya Pasta Bisa Tahan Lebih Lama

Karena cara pembuatannya yang mudah, anda bisa menyediakan pasta di rumah kapanpun anda mau. Komposisi utamanya adalah tepung gandum. Bahan pelengkap lain bisa ditambahkan sesuai dengan selera. Masalah klasik dari pasta adalah cepat berbau jika tidak disimpan dengan rapi. Lalu, bagaimana supaya pasta bisa tahan lebih lama? Kami ingin berbagi informasi kepada anda tentang cara penyimpanan yang baik.

Pasta basah. Untuk pasta basah, sebaiknya anda menyimpan di dalam kulkas. Membiarkannya di ruangan terbuka, apalagi tanpa penutup sama sekali, akan membuatnya cepat membusuk. Agar lebih awet, memang sebaiknya pasta disimpan di dalam lemari es. Bila perlu, tutup wadah pasta dengan plastik agar udara di dalam tidak bercampur dengan yang di luar. Dengan cara penyimpanan ini, pasta akan mampu bertahan hingga 5 hari.

Pasta kering. Pasta kering relatif lebih mudah untuk disimpan dan lebih awet. Anda tidak harus memasukkannya ke dalam kulkas. Cukup sediakan wadah kedap udara untuk menyimpan pasta tersebut, bisa dalam bentuk stoples atau yang lainnya. Setelah itu, simpan di tempat dengan suhu ruangan dan jauhkan dari paparan sinar matahari. Jika ingin lebih awet lagi, tidak ada salahnya untuk memasukkan ke dalam lemari es. Inti dari penyimpanan pasta kering adalah menjauhkannya dari kontak dengan udara luar supaya bakteri tidak begitu saja masuk dan mempercepat proses pembusukan. Pasta yang berbau tengik tandanya sudah membusuk. Buang saja jika sudah begitu dan jangan lagi dikonsumsi.

Untuk pasta yang tidak ingin dimakan dalam waktu dekat, anda bisa memasukkannya ke dalam freezer. Pasta yang beku bisa bertahan jauh lebih lama. Namun harap pastikan setelah anda membuatnya, segera dinginkan, masukkan ke dalam wadah, lalu masukkan ke dalam freezer. Silakan keluarkan bila anda sudah siap untuk mengkonsumsinya. Pasta yang disimpan dengan cara ini bisa bertahan hingga beberapa minggu. Setiap jenis pasta bisa disimpan dengan cara berbeda, jadi sebaiknya anda mencari informasi lebih banyak tentang hal ini.
Nah, sekarang anda tahu bagaimana supaya pasta bisa tahan lebih lama.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+