Cara Menyikat Gigi Yang Benar

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Banyak yang tidak terlalu peduli dengan cara menyikat gigi yang benar. Asalkan sikat sudah menyentuh semua area rahang, itu sudah cukup. Tidak ada salahnya untuk mengikuti anjuran dokter gigi. Menyikat gigi yang benar tidak hanya membuat gigi lebih awet, namun juga bisa mencegah kerusakan. Jika anda semena-mena dalam melakukannya, gusi bisa saja mengalami cedera dan sisa-sisa makanan tidak terangkat secara sempurna.

Cara Menyikat Gigi Yang Benar

Kali ini kami ingin berbagi informasi tentang bagaimana sebaiknya menyikat gigi yang benar. Anda bisa mulai dengan memakai benang gigi. Fungsi bagian yang satu ini adalah untuk membersihkan bakteri penyebab terbentuknya karang gigi. Ada beberapa jenis sikat yang berisi benang-benang halus. Sebaiknya anda memilih jenis sikat yang satu ini karena bisa menjangkau lebih dalam. Bulu sikat biasa tidak mampu masuk terlalu dalam. Hanya sikat tertentu yang dirancang secara khusus bisa melakukan tugas ini.

Soal harga, sikat tersebut hanya sedikit lebih mahal. Berikutnya, hindari menggosok gigi terlalu keras karena ini bisa menyebabkan gusi mengalami iritasi. Cukup berikan tekanan secukupnya hingga anda merasa bulu sikat menyentuh gigi dengan cukup kuat. Pakai jempol dan telunjuk untuk menjepit gagang sikat, sementara jari yang lainnya hanya menggenggam tanpa tekanan. Yang juga penting adalah menyikat seluruh area gigi. Bila perlu, lakukan rutinitas harian ini di depan cermin agar anda bisa melihat secara langsung apakah ujung sikat sudah menyentuh semua area atau tidak.

Bagian belakang gigi di sekitar geraham biasanya yang paling sering dilewatkan. Justru di geraham sisa-sisa makanan umumnya paling banyak. Maka dari itu, jangan terburu-buru menyikat gigi. Pastikan sisa makanan sudah terangkat secara sempurna sebelum berkumur. Apakah anda suka meminum kopi? Kopi punya kandungan yang bersifat asam, sehingga bisa mengikis enamel gigi.

Oleh sebab itu, sikat gigi terlebih dahulu sebelum meminum kopi supaya gigi mendapatkan perlindungan maksimal. Pilih odol yang punya kandungan fluoride karena zat ini bisa membantu mencegah terkikisnya enamel. Ada banyak produk pasta gigi berfluoride yang bisa ditemukan di supermarket. Silakan anda beli yang mana saja. Sekian informasi tentang cara menyikat gigi yang benar.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+