Fakta Tentang Kopi: Bolehkah Minum Kopi Setiap Hari?

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Anda suka minum kopi? Atau kopi telah membuat Anda kecanduan? Berapa cangkir kopi yang Anda minum setiap harinya? Satu cangkir? Atau bahkan lebih dari dua cangkir? Beberapa orang sudah menetapkan bahwa kopi adalah minuman yang wajib diminum setiap hari. Bila tidak meminum kopi serasa ada yang kurang.

coffee
copyright: themes.com

Bahkan ada beberapa orang yang bersugesti bahwa peformanya tidak akan maksimal jika belum meminum kopi. Mitosnya meminum kopi setiap hari tidak baik untuk kesehatan, apalagi untuk Anda para wanita. Berikut ini ada beberapa fakta tentang kopi yang perlu Anda ketahui.

Kadar Kafein yang Berbeda

Setiap jenis kopi yang berbeda tentu mempunyai kadar kafein yang berbeda pula. Misalnya cappuccino tentu punya kadar kafein berbeda dengan kopi tubruk. Nah.. Tubuh kita ternyata mampu menerima asupan kafein 200mg per harinya. 200mg asupan kafein dalam tubuh tersebut bisa disetarakan dengan tiga gelas kopi tubruk sehari. Atau pun Anda bisa mengonsumsi 9 gelas espresso atau cappuccino per harinya!

Kopi Menyebabkan Tidak Bisa Tidur

Yap, fakta ini memang benar. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi memang membuat seseorang menjadi susah tidur setelah meminum kopi. Buat yang ingin melek semalaman atau begadang, kopi hitam adalah pilihan yang tepat karena kandungan kafein yang tinggi. Untuk menghindari susah tidur tapi tetap ingin meminum kopi, sebaiknya Anda meminum kopi 6 jam sebelum jam tidur agar jam istirahat Anda tidak terganggu.

coffee1
copyright: starbucks.com

Kopi Membantu Meredakan Stres

Untuk sebagian orang, meminum kopi saat stress ataupun lelah saat bekerja dipercaya akan menghilangkan stres tersebut. Padahal, hal ini adalah mitos belaka atau hanya sugesti dari si pengonsumsi kopi. Yang benar adalah kafein yang terkandung dalam kopi membantu meningkatkan stress pada orang dengan adanya rasa cemas dan akan menambah penderitaan pada orang-orang yang mengalami kepanikan.

Kafein Adalah Zat Aditif

Kafein dapat membuat seseorang kecanduan kopi, ini adalah sebuah fakta dari kopi. Tetapi kafein yang terkandung didalam kopi bukanlah zat aditif. Kafein bukan seperti alcohol atau narkoba yang membuat sesorang menjadi ketergantungan.

Kopi Menyebabkan Sel Pertumbuhan Kanker Lebih Cepat

Jelas mitos seperti ini sangat salah sekali, faktanya adalah sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa tidak ada kaitannya antara kanker dengan kopi. Yang ada justru sebaliknya, kopi mempunyai kandungan antioksidan yang mampu memerangi kanker dan memperlambat proses penuaan.

Kopi dan Rokok Adalah Kombinasi yang Buruk

Jika Anda meminum kopi sambil merokok, jelas ini sangat merusak tubuh Anda sendiri. Kafein dan zat-zat berbahaya yang ada didalam rokok mempu menyebabkan pertumbuhan sel kanker 40% lebih cepat. Kopi tidak berbahaya jika Anda tidak mengonsumsinya bersamaan dengan rokok.

Jika Anda sudah membaca fakta-fakta tentang kopi, Anda akan lebih paham soal minuman kegemaran hampir semua orang didunia ini. Jadi Anda tetap bisa mengonsumsi kopi setiap hari, tapi tetap tahu batasannya ya…

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+