Faktor-faktor Penyebab Munculnya Mimpi Buruk

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Mimpi tak lebih dari sekedar bunga tidur. Tapi masih ada yang berpendapat bahwa mimpi bisa dijadikan pertanda akan terjadinya sesuatu. Sah-sah saja anda memiliki anggapan seperti itu, tapi yang jelas, tidak selamanya mimpi itu indah. Mengalami mimpi buruk sangat tidak mengenakkan. Meski kita tahu itu tidak terjadi di kehidupan nyata, tetap saja ada perasaan takut dan khawatir saat mengalaminya. Jika anda ingin tahu faktor-faktor penyebab munculnya mimpi buruk, kami akan merangkumnya untuk anda.

Faktor-faktor Penyebab Munculnya Mimpi Buruk

Stress. Ini adalah salah satu kondisi yang paling sering dialami oleh manusia. Seseorang yang pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan di dalam hidup bisa membawanya hingga ke alam tidur. Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang stress hingga akhirnya berubah menjadi mimpi buruk, seperti akan menjalani operasi besar, mengalami kecelakaan, dimarahi bos, ditinggalkan orang yang disayang, dll. Namun jika alam bawah sadar seseorang sudah bisa berdamai dengan kondisi tersebut, maka perlahan-lahan mimpi buruk akan hilang dengan sendirinya.

Mengkonsumsi rempah-rempah. Mungkin ini terdengar aneh bagi anda, tapi ada studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang suka mengkonsumsi makanan berempah kemungkinan akan mengalami penurunan kualitas tidur karena rempah meningkatkan suhu tubuh. Ketidaknyamanan tersebut akhirnya bisa bermuara pada mimpi buruk. Dengan ini juga kita disarankan untuk tidak makan berlebihan saat akan tidur karena asupan makanan akan membuat metabolisme meningkat dan tubuh tetap aktif menjelang tidur. Akibatnya, mimpi buruk bisa terjadi.

Alkohol. Meski banyak orang yang sudah tahu efek negatif minuman yang satu ini, masih banyak juga yang terus mengkonsumsinya secara berlebihan. Alkohol sering dipakai untuk menekan rasa sakit. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, ini bisa menurunkan kualitas tidur anda. Tidak hanya itu, mimpi buruk juga akan mengikuti. Maka dari itu, kurangi konsumsi alkohol mulai dari sekarang karena minuman ini bisa membuat kecanduan. Sangat sulit untuk lepas jika kita sudah merasa ketergantungan.

Obat-obatan. Obat-obatan mempengaruhi sistem kerja tubuh. Jadi jangan heran jika beberapa jenis obat-obatan bisa menyebabkan gangguan tidur. Narkotika, antidepresan, dan barbiturat adalah beberapa yang diklaim punya efek samping seperti itu. Bahkan obat-obatan ini juga bisa membuat orang mengalami mimpi buruk. Itu tadi faktor-faktor penyebab munculnya mimpi buruk.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+