Kesalahan Yang Perlu Diperbaiki Sebelum Wawancara Kerja

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Wawancara kerja sangat menentukan keberhasilan anda dalam mendapatkan pekerjaan. Oleh sebab itu, persiapkanlah secara matang. Kami ingin berbagi info tentang beberapa kesalahan yang sebaiknya perlu diperbaiki sebelum wawancara kerja. Yang pertama resume yang buruk. Persiapkan resume dengan sebaik-baiknya karena ini akan menentukan opini mereka yang memeriksanya. Jangan sampai ada kesalahan penempatan tanda baca serta runutan yang tidak tepat. Selain itu, buatlah resume yang tidak berbelit-belit dan fokus pada kontennya. Untuk format, anda bisa memakai format penulisan seperti apa saja asalkan resmi.

Kesalahan Yang Perlu Diperbaiki Sebelum Wawancara Kerja

Kesalahan berikutnya yang banyak orang lakukan adalah tidak tampil rapi saat melakukan wawancara kerja. Karena kita sudah berbicara tentang ruang lingkup profesional, tentu saja penampilan memegang peran penting. Jika anda tidak mengindahkan hal tersebut, anda bisa saja kehilangan peluang untuk mendapatkan pekerjaan sekalipun resume sudah dipersiapkan dengan sangat baik. Selain itu, kami sarankan agar anda tidak mengkonsumsi rokok atau minuman beralkohol sebelum masuk ke ruang wawancara karena itu akan mempengaruhi konsentrasi dari penguji.

Kesalahan lain yang sebaiknya tidak dilakukan adalah menunjukkan arogansi. Jangan menonjolkan kemampuan pribadi dengan secara berlebihan karena bisa dianggap sombong. Terkadang rasa percaya diri disalahartikan sebagai sikap arogansi, padahal keduanya berbeda. Tapi anda tetap harus mawas diri karena rasa percaya diri yang berlebihan juga tidak baik. Kemudian anda tetap harus tersenyum dan jangan memperlihatkan muka kaku saat diwawancara. Itu bisa saja menyebabkan orang salah kaprah dengan sifat anda yang sesungguhnya.

Berikutnya anda juga tidak perlu menggali terlalu banyak informasi tentang perusahaan yang ingin didatangi. Ini juga bisa ditafsirkan sebagai bentuk sikap arogansi. Jika anda berusaha terlihat terlalu pandai saat wawancara, ini bisa mengurangi peluang anda diterima kerja. Boleh saja anda berusaha tampil memukau, tapi bukan berarti anda harus bersikap ekstra. Sebaliknya, datang ke lokasi wawancara tanpa penelitian atau riset juga salah.

Bagaimanapun juga, anda perlu mengetahui latar belakang dari tempat kerja yang ingin disambangi karena itu akan mempengaruhi penilaian para pewawancara. Jadi intinya, anda tetap harus meluangkan waktu untuk melakukan riset terkait materi yang ingin disampaikan saat wawancara serta hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan tempat anda mendaftar pekerjaan. Terakhir, jaga sikap karena jika pewawancara sudah menangkap sinyal buruk dari seorang pencari kerja, ia bisa begitu saja menghentikan sesi wawancara tanpa alasan yang jelas. Itu tadi beberapa kesalahan yang sebaiknya perlu diperbaiki sebelum wawancara kerja.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+