Kurangi Konsumsi Gula Demi Kesehatan Anda

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Obat rasanya pahit, namun menyehatkan. Gula rasanya manis, tapi jika berlebihan bisa memicu penyakit. Sebaiknya kurangi konsumsi gula demi kesehatan anda. Kita sebaiknya mengkonsumsi tidak lebih dari 50 gram gula perhari. Jika konsumsinya terlalu tinggi, ini bisa membawa dampak kesehatan di kemudian hari. Diabetes adalah penyakit yang susah disembuhkan dan hanya akan memburuk seiring waktu. Selain itu, ada berbagai komplikasi yang mungkin ditimbulkan. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda menjaga asupan gula agar tidak berlebihan. Lalu, bagaimana caranya?

Kurangi Konsumsi Gula Demi Kesehatan Anda

Pertama, anda harus sadar bahwa gula berlebih sangat tidak baik untuk tubuh. Sebagai alternatif gula pasir, anda bisa mengkonsumsi buah dan sayur sebab di dalamnya terdapat gula alami yang lebih mudah diproses oleh tubuh. Jenis gula yang sebaiknya dihindari adalah gula yang terdapat di dalam makanan.

Biasakan untuk membaca label pada kemasan makanan ringan untuk mencari tahu berapa banyak kandungan gula di dalamnya. Label nutrisi dibuat supaya konsumen tidak merasa dibohongi karena tidak tahu bahan-bahan yang mereka konsumsi. Hampir semua makanan ringan mengandung gula, hanya saja kadarnya berbeda-beda. Biasanya ada produk minuman versi less sugar dibuat untuk mereka yang sangat peduli dengan asupan gula. Anda sebaiknya memilih produk ini agar gula yang masuk ke tubuh tidak berlebihan.

Kenyangkan perut anda dengan makan nasi. Dengan begini, anda tidak mudah tergoda untuk membeli makanan yang mengandung banyak gula. Kebiasaan ngemil terutama yang manis-manis adalah salah satu penyebab tidak terkontrolnya asupan gula ke dalam tubuh. Jika perut terisi penuh oleh makanan, maka nafsu mengkonsumsi gula akan lebih terkendali.

Jika anda sangat suka ngemil, batasi konsumsinya. Anda harus bisa menakar jumlah gula yang masuk setiap hari. Misal anda sangat suka mengkonsumsi cokelat. Jika ukurannya besar, sebaiknya jangan habis sekali makan. Jika sudah habis, biasanya kita ingin mencobanya lagi. Biasakan untuk mengkonsumsi snack manis dalam porsi kecil. Ini agar gula yang masuk ke tubuh tetap terkontrol sekalipun anda gemar ngemil. Ada banyak jenis makanan lain yang lebih sehat daripada gula untuk dikonsumsi, seperti kacang-kacangan. Kacang-kacangan juga tidak mengandung terlalu banyak gula, sehingga tidak berdampak besar pada kadar gula darah anda. Nah, mulai dari sekarang anda harus kurangi konsumsi gula dengan kesehatan anda.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+