Langkah Langkah Menjalankan Diet Untuk Ibu Hamil

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Jika saat hamil ibu tidak pernah peduli dengan makanan apa yang dikonsumsi dan berpikir yang penting hanyalah kenyang, tentu efeknya akan berujung pada kenaikan berat badan yang sangat drastis. Berbagai makanan sumber lemak jahat pun kerap menjadi makanan sehari-hari, seperti aneka camilan dan gorengan. Kemudian, saat sedang menimbang berat badan, dibuat pusing karena terjadi kenaikan berat badan jauh di atas normal.

Diet ibu hamil juga dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang aman dan sehat. Ibu hamil sering tidak bisa menolak keinginan perutnya untuk menyantap makanan-makanan penuh lemak dan tak sehat. Hal tersebut sebaiknya dihindari karena akan mengakibatkan kenaikan berat badan pada ibu hamil. Beberapa tips berikut ini juga dapat menjadi acuan dalam anda melakukan diet ibu hamil.

Langkah Langkah Menjalankan Diet Untuk Ibu Hamil

1. Jangan Lupa Sarapan

Saat tengah diet ibu hamil, ibu hamil wajib sarapan. Pilih menu makanan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kehamilan dan juga kesehatan Anda. Jangan sampai anda melewatkan sarapan karena justru itu akan membuat nafsu ngemil Anda selalu muncul.

Tanpa adanya sarapan, saat makan siang biasa jadi Anda juga akan menyantap makanan dengan jumlah lebih banyak. Hal tersebut justru merusak diet yang sedang dilakukan. Dengan melakukan sarapan, ibu hamil juga akan terhindar dari mual-mual, kepala pening, dan lemas.

2. Pilih Makanan Berserat dan Hindari Makanan Berlemak dan Manis

Makanan berserat bisa saja ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Serat dapat membantu dalam proses melancarkan pencernaan. Sajikan buah-buahan dan juga sayuran di dalam menu makan Anda. Sementara itu, makanan manis cenderung dapat membuat tubuh Anda sering merasa lapar.

Tentunya, jika sering lapar dan makan dengan porsi berlebihan atau sedikit-sedikit ngemil bukannya berat badan turun tapi malah naik drastis. Begitu juga dengan makanan yang berlemak, seperti dalam snack/camilan, gorengan, dan jeroan sebaiknya anda dihindari untuk mensukseskan dalam diet hamil Anda.

3. Minum Air Putih Minimal 8 Gelas dalam Sehari

Diet ibu hamil bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih sangat bisa menghindarkan Anda dari rasa lapar. Anda merasa lapar, padahal sudah makan sesuai jumlah/porsinya pada jam makan. Dengan minum air putih yang cukup, maka rasa lapar tersebut bisa teratasi.

4. Mengolah Makanan dengan Direbus atau Dikukus

Berbagai macam makanan yang menjadi menu makan Anda akan lebih baik diolah dengan cara pengolahan direbus atau dikukus saat melakukan program diet ibu hamil. Cara memasak tersebut menghindarkan Anda dari penggunaan minyak goreng yang pada umumnya menjadi sumber lemak jenuh yang malah justru akan membuat berat badan naik. Banyak menu masakan lezat dengan cara pengolahan dikukus, misalnya pepes tahu, pepes ikan, pepes ayam, dan lain sebagainya.

Nah diatas adalah 4 cara untuk melakukan diet ibu hamil. Semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa Like Facebook Page, Follow Twitter, Add Google+ dan kunjungi Kaskus Celoteh Wanita untuk terus mendapatkan informasi wanita seputar fashion, kecantikan, kesehatan, diet dan lain-lain yang dikemas secara menarik.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+