Manfaat Berjilbab bagi Kesehatan

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Setiap wanita muslim tentu sudah sangat paham bahwa berjilbab merupakan sebuah kewajiban. Tujuannnya jelas untuk menutupi aurat agar bisa terhindar dari pkamungan ataupun gangguan lawan jenis, kecuali untuk lelaki yang telah menjadi suaminya saja.

Hal ini juga yang membuat wanita banyak menggunakan jilbab karena bentuk tubuhnya akan sering dieksploitasi oleh pria, sekalipun pakaian yang dikenakan tidak terlalu seksi. Mereka berdkamun untuk suami, namun orang lain yang bukan siapa-siapa justru ikut menikmatinya. Apalagi pria sangat mudah tergoda saat melihat wanita seksi.

Selain perintah agama dan menghindari maksiat, banyak juga wanita yang menggunakan jilbab karena dianggap bisa semakin mempercantik penampilannya. Alasan ini semakin kuat ketika banyak selebritis tanah air yang mulai menggunakan jilbab dalam berbagai aktivitasnya. Hal seperti ini masih tergolong sah-sah saja, aasalkan mereka tidak meninggalkan aspek-aspek dasar dalam berjilbab tentunya.

Pada dasarnya, penggunaan jilbab tidak akan mengurangi kecantikan seseorang, apalagi jika bisa dipadupadankan dengan bentuk tubuh dan wajah. Lagi pula, ada banyak tutorial berjilbab yang dengan mudahnya Kamu temukan di internet. Dengan demikian, tidak ada alasan lagi bahwa berjilbab merupakan hal yang sulit dan bisa membuat penampilan seseorang terkesan kurang modis atau ketinggalan jaman.

Selain sebagai sebuah kewajiban dan bisa meningkatkan penampilan, ternyata berjilbab juga memiliki manfaat lain jika dilihat dari sisi kesehatan.

Kesehatan Kulit

Manfaat Berjilbab bagi Kesehatan

Melindungi kulit dari radiasi sinar matahari

Pada dasarnya, sinar matahari bisa merusak kulit jika dilakukan kontak secara langsung dan terjadi dalam waktu lama. Dibanding dengan pria, wanita memiliki kandungan melanin yang sedikit di dalam kulitnya. Maka dari itu, kulit perempuan sangat harus dilindungi, utamanya dari sinar matahari. Nah, dengan menggunakan jilbab, maka kulit tubuh Kamu akan terlindungi dari sinar matahari secara keseluruhan.

Mencegah kanker kulit

Sebuah penelitian dari pakar dermatologi asal Australia menyatakan bahwa penyakit kanker kulit yang dialami oleh perempuan bisa diatasi dengan menggunakan jilbab karena kulit akan terutupi pada semua area. Sementara area wajah dan tangan yang tidak tertutupi, berfungsi untuk menyerap berbagai zat-zat bermanfaat yang memang dimiliki oleh matahari.

Memperlambat gejala penuaan

Manfaat jilbab bagi kesehatan selanjutnya adalah memperlambat datangnya penuaan. Perlu dipahami bahwa sinar matahari dapat merangsang melanosit untuk mengeluarkan melanin yang kemudian mengakibatkan rusaknya jaringan kolagen dan elastin yang memiliki peranan penting untuk menjaga kelenturan serta keindahan kulit. Untuk mengatasi hal ini, banyak perempuan yang menggunakan krim pelindung kulit, namun hal ini sebenarnya tidak bisa melindungi kulit mereka secara total. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk melindungi kulit tubuh dengan menggunakan jilbab.

Melindungi dari suhu yang ekstrim

Saat udara dalam tingkat yang sangat panas, maka banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk menggunakan pakaian yang bisa melindungi bagian kepala, mata, dan leher agar bisa mengurangi potensi untuk terserang penyakit yang berhubungan dengan otak. Sementara saat suhu berada pada tingkat yang sangat dingin, maka tubuh bisa menderita demam, ngilu, hingga gemetar. Untuk mengatasi kondisi seperti ini, maka sangat disarankan untuk menutupi bagian kepala dan tubuh menggunakan pakaian yang tebal sehingga panas tubuh bisa tetap terjaga. Semua hal ini bisa Kamu lakukan dengan menggunakan jilbab.

Menjadikan tubuh higienis

Saat seseorang memiliki kebiasaan berjilbab, maka ini berarti ia akan mengurangi resiko untuk terkontaminasi dengan kuman, bakteri, dan berbagai jenis mikroorganisme lainnya. Bahkan ada beberapa jenis pekerjaan yang mewajibkan untuk menggunakan penutup kepala dengan alasan higienis. Dengan menggunakan jilbab, maka Kamu juga sudah menjaga tubuh Kamu agar tetap higienis.

Kesehatan Rambut

Jilbab akan melindungi rambut dari debu, paparan matahari, dan juga polusi sehingga bisa menjaga rambut agar tetap bersih dan sehat. Kontak langsung yang dilakukan oleh rambut terhadap sinar matahari dan udara kotor akan menjadikan rambut kering, bercabang, merah, dan juga kusam. Namun selain dengan menutupi rambut Kamu dengan berjilbab, dibutuhkan pula perawatan yang tepat.

Kesehatan Psikilogis

Hijab terbukti bisa menjadikan batin seseorang menjadi lebih tenang yang kemudian akan berpengaruh terhadap kondisi emosi. Hal ini akan membentuk sebuah karakter yang lebih baik lagi sehingga memudahkan mereka dalam melakukan segala aktivitas secara positif.

Dengan melihat banyaknya manfaat jilbab bagi kesehatan, maka kini saatnya bagi Kamu para wanita muslim untuk menutupi tubuh menggunakan jilbab agar didapatkan tubuh yang sehat dan cantik secara jiwa dan raga.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+