Manfaat Menari Untuk Menurunkan Berat Badan

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Menarik bukan hanya monopoli para wanita saja sebab siapapun bisa melakukannya termasuk anda. Ada beragam cara untuk menurunkan berat badan, namun tahukah bahwa menari juga memiliki efek yang sama? Kita akan membahas manfaat menari untuk menurunkan berat badan. Ada beragam jenis tarian yang bisa dicoba dan tentunya jumlah kalori yang bisa dibakar sangat tergantung dari intensitas gerakan.

Manfaat Menari Untuk Menurunkan Berat Badan

Setiap tarian memiliki koreografi yang berbeda. Ada beberapa jenis tarian yang bisa anda coba, seperti diantaranya tarian swing, street dance, hip hop, kontemporer, dll. Tentu saja dengan gerakan yang semakin intensif, semakin banyak pula kalori yang dibakar. Akibatnya, lingkar pinggang anda akan menjadi berkurang. Ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tidak hanya untuk membakar kalori saja, namun menarik bisa membuat anda berpikir positif. Dengan berpikir positif, tubuh akan menjadi lebih sehat dan kita tidak akan mudah lelah.

Seperti disampaikan sebelumnya, setiap tari memiliki koreografi tersendiri. Anda bisa mencari tahu jenis jenis tarian yang umum orang pakai untuk membakar lemak. Silakan coba tarian kontemporer, salsa, swing, dan sebagainya. Tidak perlu berlama-lama, cukup lakukan selama kurang lebih 30 menit setiap harinya, yang penting rutin. Anda pun bisa mengurangi bobot tubuh secara signifikan dalam beberapa minggu. Gerakan tari manfaatnya hampir sama dengan berjalan kaki atau mengayuh sepeda.

Semua aktivitas ini berpengaruh terhadap kondisi kardiovaskuler tubuh. Seperti kita tahu, gerakan kardiovaskuler ada hubungannya dengan kesehatan pembuluh darah dan jantung. Dengan melakukan gerakan tari secara rutin, selain bisa mengurangi bobot tubuh, anda juga sekaligus bisa menjaga kesehatan jantung. Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan kekuatan otot. Banyak orang beranggapan bahwa hanya angkat beban saja yang bisa menguatkan otot.

Sebenarnya gerakan tari jauh lebih menyeluruh daripada itu, sebab dengan melakukan gerakan tari, keseimbangan tubuh dan koordinasi gerak juga bisa dijaga dengan baik. Oleh sebab itu, sebaiknya luangkan waktu untuk melakukan gerakan tari supaya kondisi tubuh anda tetap fit. Berapa banyak kalori yang bisa dibakar dengan tari? Tari ballroom yang dilakukan selama kurang lebih 20 menit efektif untuk membakar 500 kalori. Jika anda ingin membakar kalori lebih banyak lagi, silakan melakukan gerakan yang lebih intens.

Tarian zumba juga sangat populer karena bisa membakar cukup banyak kalori, mencapai 540 kalori selama kurang lebih 1 jam. Tarian yang berasal dari negara latin ini memakai musik sebagai pemandunya. Jadi anda melakukan gerakan yang cukup intens dengan panduan musik sehingga menjadi lebih bersemangat. Nah, itu tadi manfaat menari untuk menurunkan berat badan.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+