Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Apa saja manfaat minyak ikan bagi kesehatan tubuh? Minyak ikan memiliki banyak manfaat kesehatan dan jenis minyak yang satu ini diekstraksi dari berbagai macam ikan, seperti salmon, tuna, dan makarel. Kita disarankan mengkonsumsi minyak ikan karena di dalamnya terdapat berbagai macam substansi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti misalnya asam lemak Omega-3, EPA, dan DHA. Namun begitu, anda tetap harus mewaspadai berbagai macam efek samping yang berkaitan dengan kelebihan konsumsi minyak ikan.

Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

Konsumsi minyak ikan yang disarankan adalah kurang lebih dua kali seminggu. Jika anda masih bisa memenuhi konsumsinya lewat makanan yang alami, silakan saja. Namun jika anda tidak bisa menemukan ikan yang kaya akan omega 3, anda bisa mengkonsumsinya lewat suplemen. Takaran konsumsi sebaiknya dibatasi hanya 3 gram per hari. Khasiat minyak ikan ada kaitannya dengan kesehatan kardiovaskuler. Seperti yang kita tahu, kondisi kardiovaskular berkaitan erat dengan masalah jantung dan pembuluh darah.

Dengan mengkonsumsi Omega 3 secara rutin, ini bisa mengakibatkan pada menurunnya detak jantung yang abnormal. Selain itu, resiko serangan jantung juga bisa dihindari. Cara kerja lain dari zat ini adalah dengan memperlambat proses pengerasan dinding pembuluh darah. Seperti diketahui, penyempitan pembuluh darah bisa memicu munculnya tekanan darah tinggi. Serangan jantung adalah masalah serius yang tidak bisa diabaikan. Jika mengalaminya sekali, seseorang bisa saja mengalami masalah ini di kemudian hari. Berkaitan dengan hal tersebut, kita disarankan untuk mengkonsumsi minyak ikan sejak awal.

Kelebihan konsumsi minyak ikan juga perlu diwaspadai karena bisa mengakibatkan berbagai efek negatif. Dalam kondisi yang ringan, kelebihan konsumsi minyak ikan bisa berakibat pada perasaan mual, mulas, dan diare. Kemudian jika konsumsinya terlalu banyak, maka bisa mengakibatkan hal-hal yang lebih serius seperti pendarahan, stroke dan meningkatnya kadar LDL di dalam tubuh. Jadi sekali lagi, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui asupan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Konsumsi minyak ikan sebaiknya juga dibatasi oleh mereka yang sedang hamil dan anak-anak sebab di dalam minyak yang satu ini terdapat kandungan metil merkuri. Ini adalah kandungan berbahaya yang hanya ditemukan di dalam daging ikan. Solusi agar kandungan ini tidak masuk ke dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi suplemen karena biasanya di dalam suplemen kandungan ini sudah dihilangkan. Itu tadi informasi manfaat minyak ikan bagi kesehatan tubuh.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+