Manfaat Teh untuk Kesehatan Kita

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Dibalik kegunaan teh yang biasanya pendamping saat sarapan atau minuman di pagi hari, teh juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Teh merupakan salah satu minuman favorit dalam jamuan makan ataupun sekedar menjadi teman kudapan di Indonesia.

tea
copyright: berrycart.com

Bahkan di luar negeri, seperti Amerika, ada yang namanya tea time, yaitu waktu minum teh. Kandungan yang terdapat di dalam teh antara lain adalah kafein (kafein yang terkandung lebih sedikit daripada kopi), polifenol (sejenis antioksidan), dan essential oil (protein yang berperan dalam pembentukan aroma pada teh).

Menurunkan Berat Badan

Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa ekstrak teh hijau benar-benar dapat mengganggu pembentukan lemak dalam tubuh yang dapat menambah berat badan. Namun, jangan meminum teh hijau instan, karena banyak mengandung gula. Lebih baik Anda merebus sendiri teh hijau untuk program diet.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Stroke

Kandungan polifenol dalam teh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan gula darah yang  merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung dan stroke. Minum teh membantu menjaga arteri Anda agar bebas dari sumbatan. Dan hal ini juga membuat buang air kecil lebih teratur. Studi di Belanda mengatakan bahwa meminum 2-3 cangkir teh hitam setiap hari mengurani 70% terkena serangan jantung fatal.

Melawan Radikal Bebas

Kandungan ORAC yang cukup tinggi dalam teh dapat menghancurkan radikal bebas (yang dapat merusak DNA) dalam tubuh manusia. Kerusakan yang ditimbulkan dari radikal bebas adalah kanker, penyakit jantung, dan degenerasi saraf.

tea1
copyright: sundaycrappin.blogspot.com

Menghilangkan Kantuk

Teh mempunyai kandungan kafein yang dapat mengurangi rasa kantuk, bahkan sampai malam hari. Jika Anda mengonsumsi teh dalam jumlah yang tinggi, dipastikan pada mala hari Anda akan susah tidur.

Mencegah Diabetes

Zat kafein didalam teh dipercaya dapat mencegah penyakit diabetes. Tetapi jangan meminum teh dengan kadar gula yang tinggi atau sangat manis. Lebih baik Anda meminum teh pahit atau tanpa gula. Jika ingin teh manis, berilah 1 sendok teh ke dalam teh Anda.

Meningkatkan Mood

Anda stress ? atau sedang tidak mood ? Secangkir teh hitam adalah senjata ampuh yang anda butuhkan. Suatu penelitian menyimpulkan bahwa teh hitam benar-benar membantu dalam mengurangi kadar hormon stres pada partisipan studi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa enam bulan konsumsi teh hitam menurunkan tekanan darah sistolik.

Setelah Anda membaca fakta-fakta diatas, masih tidak suka minum teh? Minum teh sangat dianjurkan pada pagi hari sebelum atau sesudah sarapan. Teh yang paling bagus untuk kesehatan adalah teh hijau asli atau teh hitam.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+