Mengajarkan Anak Untuk Mencari Teman Baru

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah untuk bersosialiasi. Bahkan saat sejak masih kecil, kita sudah diajarkan untuk dekat dengan tetangga di lingkungan tempat tinggal. Hanya saja, kepribadian setiap anak itu berbeda-beda. Ada anak yang mudah akrab dengan teman baru, ada pula yang mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang barunya. Sangat penting bagi kita sebagai orang tua mengajarkan anak untuk mencari teman baru.

Mengajarkan Anak Untuk Mencari Teman Baru

Pertumbuhan mereka akan optimal jika mereka melakukan interaksi dengan anak-anak seusianya, tidak hanya bersama orang tuanya saja. Belum lagi jika orang tua menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja, tentu tidak ada cukup waktu untuk bercengkerama bersama anak. Supaya anak lebih mudah bergaul, maka kebiasaan ini sebaiknya sudah dipupuk sejak dini. Semakin kecil kita mengajarkan anak untuk bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan baru, semakin mudah bagi mereka untuk mencari kawan baru.

Anda tidak harus menunggu si kecil menginjak usia 5 tahun baru didaftarkan sekolah. Banyak anak kecil sudah mulai mencicipi dunia sekolah sebelum usia tersebut. Tapi tentu saja yang diajarkan jauh dari apa yang seharusnya. Jika pada sekolah tk anak sudah mulai diajarkan tentang huruf, maka pada tahapan prasekolah mereka biasanya hanya diajarkan bersosialisasi dan bermain. Mereka akan dipertemukan dengan anak-anak sebayanya supaya bisa semakin dekat antara satu sama lain. Tips penting lainnya adalah selalu tanyakan tentang teman sekolah saat sampai di rumah.

Sangat baik untuk membuka memori anak soal pertemanan mereka di sekolah. Tanyakan teman-teman mana saja yang menurutnya sangat periang. Anda juga bisa bertanya teman mana yang ia paling suka diajak bermain dan tanyakan pula alasannya. Jika anak merespon dengan jawaban yang panjang lebar, itu artinya ia antusias dengan kegiatan prasekolahnya. Ini adalah pertanda baik bahwa anak tidak akan menemui kesulitan dalam pergaulannya saat memasuki jenjang sekolah yang lebh tinggi.

Tips penting lain yang juga efektif adalah mengajak teman sekolahnya bermain di rumah. Faktanya sekolah hanya satu tempat dimana anak-anak bisa bertemu dan bermain. Anda bisa berbicara dengan para orang tua dan janjian untuk bertemu supaya anak-anak juga bisa bersosialisasi kembali. Ini akan semakin merekatkan hubungan diantara semuanya dan anak juga akan semakin nyaman dalam lingkungan pergaulannya yang baru. Itu tadi pentingnya mengajarkan anak untuk mencari teman baru.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+