Mengapa Anda Harus Sarapan Setiap Pagi?

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Mengapa anda harus sarapan setiap pagi? Sesibuk apapun anda setiap hari, anda sebaiknya tidak melewatkan sarapan. Pikiran bisa jadi tidak tenang dan terasa sulit berkonsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Jika ini dilakukan dalam jangka panjang, justru bisa berdampak pada kesehatan anda nantinya. Salah satu resiko penyakit yang bisa muncul karena sering telat makan pagi adalah diabetes. Menurut yang dilansir oleh Womenshealth, orang yang sering melewatkan sarapan lebih beresiko untuk mengalami diabetes tipe 2 di kemudian hari hingga 20 persen.

Mengapa Anda Harus Sarapan Setiap Pagi

Apa sebab? Selama ini kita beranggapan bahwa makan terlalu banyak bisa memicu diabetes. Ini memang benar, namun sering melupakan makan juga ternyata berdampak pada meningkatnya kadar insulin di dalam tubuh. Jika ini terjadi dalam jangka waktu lama, bukan tidak mungkin sensitivitas insulin di dalam tubuh menjadi berkurang dan lambat laun akan memicu terjadinya diabetes. Pria yang sering lupa sarapan juga lebih beresiko untuk mengalami jantung koroner dan telah dilakukan penelitian terkait hal ini.

Penelitian tersebut mengambil sampel sebanyak 27.000 orang dan dilakukan di Harvard University. Sarapan adalah waktu makan paling penting karena saat itulah kita memulai aktivitas. Otak perlu suplai nutrisi supaya bisa bekerja secara optimal. Jika itu tidak anda lakukan, dampaknya adalah konsentrasi menjadi menurun dan anda tidak punya tenaga untuk mengerjakan tugas. Bahkan sekalipun jika anda sedang menjalani program diet, bukan berarti makan pagi harus dihindari sama sekali.

Anda tetap harus makan walaupun tidak makan besar. Yang terpenting dari menurunkan berat badan adalah membuat meal plan berkualitas, bukan menghindari sarapan. Selain itu, melewatkan makan pagi bisa membuat kita menjadi lebih rakus saat makan siang karena ingin balas dendam. Makan banyak secara langsung tidak baik bagi kesehatan tubuh, selain itu kita bisa mudah mengantuk saat perut terisi penuh. Akibatnya, hari-hari anda menjadi kurang produktif.

Lebih baik makan lebih sering dalam takaran yang lebih kecil daripada makan sekali namun dalam porsi besar. Untuk menu, sebaiknya pilih makanan yang sehat. Hindari camilan karena ini bisa mengganggu pola diet anda. Camilan hanya akan membuat tubuh melar tanpa adanya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Nah, itu tadi alasan mengapa anda harus sarapan setiap pagi.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+