Mengganti Seprei Secara Rutin Adalah Kewajiban

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Anda perlu tahu bahwa mengganti seprei secara rutin adalah kewajiban. Jangan tunggu hingga seprei kotor terlebih dahulu. Bahkan jika seprei tidak kotor, anda tetap harus mencucinya dan mengganti dengan yang baru. Apa sebab? Seprei bisa menjadi tempat berkembang biak jamur, tungau, dan bakteri. Perkembangbiakan mikroorganisme seperti ini sangat mungkin terjadi jika lingkungan memungkinkan. Oleh sebab itu, anda harus secara rutin menggantinya minimal sebulan sekali.

Mengganti Seprei Secara Rutin Adalah Kewajiban

Terlihat bersih bukan berarti bersih. Kita tidak tahu ada banyak benda tak kasat mata menempel pada permukaannya. Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, sangat mungkin jika seprei basah karena keringat, terlebih jika anda tidak memakai AC. Keringat merupakan sarana perkembangbiakan yang baik untuk bakteri. Jika itu terus dibiarkan, bakteri akan berkembang dan bisa mengiritasi kulit anda. Kulit menjadi mudah gatal. Saat itu terjadi, tandanya anda harus segera mengganti seprei dengan yang baru.

Bagi mereka yang punya alergi debu, ini juga sangat disarankan. Debu bisa dengan mudah menumpuk pada permukaan kain. Dan jika tidak dibersihkan, anda bisa bersin-bersin atau muncul reaksi alergi lainnya. Yang juga perlu menjadi perhatian adalah sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mengalami proses regenerasi secara konstan. Sel yang lepas akan digantikan dengan sel-sel yang baru. Sel-sel yang mengelupas tersebut bisa menumpuk di seprei dan menjadi media yang pas bagi bakteri untuk tumbuh.

Tungau juga bisa berkembang pesat karena organisme ini sangat menyukai tempat berdebu. Reaksi alergi lain yang muncul muncul adalah iritasi pada mata. Mungkin anda pernah merasa gatal pada mata secara tiba-tiba saat berbaring di kasur. Itu bisa jadi karena bedcover anda terlalu kotor. Bahkan jika anda termasuk orang yang sangat sensitif, kondisi tersebut juga bisa memicu pilek dan hidung tersumbat.

Malam hari kita habiskan untuk tidur, yang artinya kita berada di atas kasur sepanjang malam. Itulah mengapa seprei harus selalu dalam kondisi bersih. Selain tidur menjadi tidak terganggu, anda juga akan menjadi lebih sehat. Apakah anda sering makan di atas kasur? Ini sebaiknya dihindari karena membuat seprei jadi lebih cepat kotor. Daripada repot membersihkan remahan cokelat atau cracker, sebaiknya jangan makan atau ngemil saat berbaring di tempat tidur. Nah, sekarang anda tahu bahwa mengganti seprei secara rutin adalah kewajiban.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+