Mengunyah Permen Karet Ternyata Ada Manfaatnya

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Permen karet adalah permen yang punya tekstur kenyal dan bisa dibentuk balon. Dari dulu popularitasnya tidak pernah surut. Meski bagi kebanyakan orang permen karet tak lebih dari sekedar pemanis mulut, namun mengunyah permen karet ternyata ada manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa diantaranya. Pertama, kebiasaan mengunyah permen karet dipercaya bisa berdampak positif terhadap kinerja otak. Mereka yang suka makan permen karet cenderung lebih mudah berkonsentrasi dan punya daya ingat yang baik.

Mengunyah Permen Karet Ternyata Ada Manfaatnya 2

Ini disebabkan karena saat mengunyah, aliran darah menuju ke otak meningkat dari biasanya. Itulah mengapa kinerja otak menjadi lebih baik. Permen karet juga dipercaya bisa meningkatkan kewaspadaan seseorang. Ini tidak berkaitan langsung dengan bahan yang terkandung di dalamnya, melainkan kebiasaan mengunyahnya. Dengan mengunyah, ini akan membantu mengaktifkan saraf yang berhubungan dengan gairah. Ini yang pada akhirnya membantu meningkatkan kewaspadaan.

Manfaat lainnya adalah untuk menghilangkan stress. Ada banyak hal yang orang sering lakukan saat merasa stress. Daripada melampiaskan emosi negatif pada kebiasaan buruk seperti menggigit kuku, akan lebih baik jika anda melampiaskannya dengan makan permen karet. Orang yang sedang stress cenderung susah untuk duduk tenang. Ia harus bergerak mondar-mandir dan melakukan kegiatan untuk meredakan ketegangan yang sedang dirasakan. Nah, sebaiknya anda mencoba trik yang satu ini.

Permen karet rasa apa saja boleh untuk dikunyah. Alasan klinisnya adalah mengunyah permen karet bisa membantu meredam perilisan hormon kortisol yang ada kaitannya langsung dengan kondisi stress. Permen karet juga baik untuk menjaga kesehatan gigi, diantaranya adalah untuk mengurangi terbentuknya karang gigi dan mencegah resiko gigi berlubang. Dengan mengunyah, produksi air liur akan meningkat. Saliva atau air liur bisa mencegah penumpukan zat asam pada gigi. Zat asam berkontribusi terhadap kerapuhan gigi. Jika itu bisa diminimalisir, maka gigi keropos juga bisa dicegah.

Namun untuk mendapatkan manfaat ini, sebaiknya pilih permen yang kadar gulanya rendah atau bebas gula sama sekali. Jika kandungan gulanya terlalu tinggi, justru masalah gigi akan datang menghampiri karena kita tahu gula adalah musuh utama gigi berlubang. Selain itu, pilih permen yang ada xylitol-nya karena ini membantu untuk menurunkan konsentrasi bakteri penyebab gigi keropos. Nah, sekarang anda tahu kalau mengunyah permen karet ternyata ada manfaatnya.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+