Ngantuk di Kantor? Inilah Cara Mengatasinya

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Melihat pekerjaan menumpuk di kantor memang membuat badan terasa capek, apalagi ditambah pulang malam. Kebiasaan tersebut dapat menurunkan produktivitas, rasa ngantuk membuat hari-hari di kantor menjadi tidak bergairah dan menurunkan mood. Sangat menyebalkan ketika berada di tengah-tengah rapat mengantuk, sehingga tidak dapat berkonsentrasi. Bahkan beberapa karyawan bisa ketiduran di depan komputer karena kantuk yang tidak bisa ditahan.

Biasanya rasa ngantuk selalu datang saat istirahat dan selesai makan siang. Tidak mungkin bisa menghabiskan waktu dengan tidur, pekerjaan pasti tidak akan terselesaikan dan malah menimbulkan masalah.

Kopi atau minuman energy sering menjadi pilihan saat mata dan badan mulai lelah. Jika terlalu banyak kafein yang terdapat dalam kopi tidak baik untuk tubuh, lho. Masih banyak cara alami untuk mengusir rasa kantuk di kantor, apa sajakah itu?

cara mengatasi ngantuk di kantor

Cara Mengatasi Ngantuk di Kantor:

Tidur Lebih Awal

Kamu sering menguap saat sedang bekerja? Tidak sedikit orang merasakan ngantuk di tempat kerja karena beberapa alasan. Menurut para ahli, mulai mengantuk di kantor terjadi pada siang hari. Hal tersebut karena kurangnya waktu tidur atau kebiasaan begadang pada malam hari. mulai sekarang cobalah untuk istirahat di malam hari secara teratur, dengan begitu kamu dapat tidur dengan nyenyak dan mengurangi rasa ngantuk.

Gerakan Badan

Jika rutinitas kerja kamu duduk berjam-jam di belakang meja sebaiknya harus sering mencuri waktu sebentar untuk ke pantry, toilet atau ruang rekan kerja. Hal ini membuat kamu relax serta menghindari kantuk akibat jenuh. Lakukan peregangan otot, hal tersebut bisa membuat kamu lebih segar.

Pejamkan Mata

Rasa ngantuk yang hebat sudah tidak tahan, daripada ketiduran di kantor dan kerja tidak maksimal. Yang bisa kamu lakukan adalah memejamkan mata sejenak. Namun, pastikan kamu melakukannya pada saat ham istirahat sekitar 10 hingga 15 menit. Hal ini juga dapat membuat semangat bekerja bangkit dan rasa kantuk pun hilang.

Main Game Pintar

Pancing otak kamu supaya bekerja, dengan mengisi teka teki silang atau main game Sudoku bisa menjadi pilihan untuk dicoba. Rasa kantuk pun akan hilang karena kamu fokus bermain game.

Ngemil dan Minum Dingin

Sedikit ngemil bisa bikin kamu terjaga, apalagi ditambah minuman dingin rasa lemon yang segar wuh! Cipratkan sedikit airnya ke muka, cobalah letakan potongan es di pergelangan tangan atau di dahi. Pilih cemilan seperti rujak pedas yang otomatis bikin kamu melek, dijamin kantuk hilang.

Sing a Song di Kantor

Hidupkan music pada speaker komputer, pilih lagu yang musiknya membangkitkan semangat kamu. Seperti music hip-hop atau rock and roll, dengan sedikit menggoyangkan tubuh juga ikut menyanyikan lagu favorit kamu bisa mengusir kantuk yang mengganggu. Tapi ingat, jangan kencang-kencang karena bisa mengganggu rekan kerja yang lain.

Wangi-wangian

Simpan selalu lotion atau parfum di kantor dengan wangi yang segar. Jika kamu mulai ngantuk, oleskan di pergelangan tangan atau di dekat hidung kemudian hirup maka kamu tidak jadi mengantuk. Tapi, hindari wangi lavender karena aroma tersebut justru menyebabkan kantuk.

Tertawa

Saat sedang serius bekerja, pasti merasakan kejenuhan. Hal tersebut membuat lebih cepat ngantuk dari biasanya. Untuk menghilangkan jenuh, bercandalah dengan karyawan lain. Karena tertawa bisa membantu tubuh kamu bergerak dan menghilangkan rasa ngantuk. Jika rekan lain tidak bisa bercanda, kamu bisa menonton video-video lucu yang sudah banyak di youtube.

GreenTea

Lupakan kopi, karena minum kopu bukanlah ide yang baik. Cobalah dengan minum teh hijau. Fyi, kandungan teh hijau sama dengan kopi yaitu mengandung kafein. Tapi teh hijau lebih baik untuk tubuh karena memiliki banyak antioksidan, baik pula untuk menjaga bentuk tubuh kamu.

Make Up

Segarkan wajah lesu dan ngantuk kamu dengan make up. Semprotkan face water dan oleskan pelembab. Aplikasikan lip gloss dan eyeliner. Voila! Wajah kamu akan terlihat lebih segar dan lebih cerah. Semakin percaya diri dan semangat kembali untuk mulai bekerja.

10 tips diatas bisa kamu ikuti di kantor saat kamu mengantuk. Semoga setelah kamu melakukan hal-hal diatas, kamu menjadi semangat dan lebih ceria walaupun kerjaan kamu yang menumpuk ya, girls!

Demikian Cara Mengatasi Ngantuk di Kantor. Jangan lupa Like Facebook Page, Follow Twitter, Add Google+ dan kunjungi Kaskus Celoteh Wanita untuk terus mendapatkan informasi wanita seputar fashion, kecantikan, kesehatan, diet dan lain-lain yang dikemas secara menarik.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+