Pengaruh Makanan Asam Terhadap Tubuh

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Ada 1 fakta yang perlu anda ketahui bahwasannya setiap jenis makanan punya PH yang berbeda-beda. Jadi apapun yang anda konsumsi, itu akan sangat mempengaruhi PH atau keasaaman tubuh. Sebaiknya lebih berhati-hati saat mengkonsumsi makanan tertentu. Perhatikan agar jangan sampai tubuh mengalami PH yang terlalu asam. Ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mengkonsumsi makanan yang bersifat basa mampu menetralkan keasaman tubuh yang tinggi. Lalu, apa saja dampak makanan dampak mengkonsumsi makanan asam terlalu banyak?

Pengaruh Makanan Asam Terhadap Tubuh

Pengaruh makanan asam terhadap tubuh sangat besar, seperti menyebabkan sakit kepala, depresi, perubahan mood, masalah pada pencernaan, kulit kering, dan berbagai masalah lainnya. Selain itu, makanan yang terlalu asam juga mampu meningkatkan kadar radikal bebas di dalam tubuh padahal kita tahu bahwa radikal bebas perlu dikeluarkan agar tidak menumpuk dan menyebabkan masalah di kemudian hari. Anda juga mungkin tahu bahwa virus dan bakteri umumnya tumbuh subur dalam kondisi lingkungan yang asam.

Jadi jika tubuh terlalu asam, maka akan memberikan peluang bagi kedua jenis organisme ini untuk tumbuh subur dan tentunya bisa berdampak negatif pada kesehatan. Ada kondisi yang disebut dengan asidosis, yaitu dimana tubuh mengalami keasaaman yang terlalu tinggi. Untuk menyetabilkan kondisi tersebut, tubuh akan memakai mineral yang kita konsumsi dari luar. Mineral-mineral tersebut juga kita dapatkan dari makanan. Kalsium adalah salah satu zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh untuk menetralkan asam.

Jika kita tidak mendapatkan kecukupan kalsium setiap hari, maka kalsium di dalam tulang akan dipergunakan untuk menstabilkan PH tubuh. Dalam jangka panjang, ini bisa memicu kondisi yang disebut dengan osteoporosis. Jadi sebaiknya jaga kecukupan kalsium setiap hari agar anda tidak mengalami asidosis. Makanan asam juga diketahui memegang peranan di dalam menjaga kestabilan pikiran dan meningkatkan kadar kortisol di dalam tubuh, akibatnya pola tidur kita juga bisa berubah.

Agar tubuh tidak mengalami asidosis, anda perlu mengurangi asupan makanan yang bersifat asam. Bukan berarti anda harus menghentikannya sama sekali, namun batasi konsumsinya. Beberapa makanan yang diketahui memiliki PH rendah adalah susu, keju, dan mentega. Beberapa jenis daging dan ikan juga diketahui memiliki PH cukup rendah, sehingga bisa mempengaruhi kadar PH di dalam tubuh. Bahan makanan lain yang juga perlu anda hindari adalah alkohol dan produk kacang kedelai. Nah, sekarang anda tahu Pengaruh makanan asam terhadap tubuh.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+