Pentingnya Mengatur Tontonan Untuk Anak-anak

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Anda harus tahu betapa pentingnya mengatur tontonan untuk anak-anak. Kita tahu bahwa anak kecil biasanya sangat mudah terpengaruh oleh lingkungannya. Ada banyak hal yang bisa membuat mereka berubah perilakunya, seperti misalnya acara tv. Sudah banyak kasus dimana anak-anak mempraktekkan adegan berbahaya dan tidak patut dari acara yang mereka tonton. Jadi jika anda ingin membentuk pola perilaku pada anak, maka sebaiknya perhatikan dengan sangat teliti apa saja yang ia tonton setiap hari .

Pentingnya Mengatur Tontonan Untuk Anak-anak

Yang pertama adalah soal durasi. Meskipun anak-anak cenderung sangat suka menonton televise, namun anda harus mengetahui batasan yang tepat. Jangan sampai anak-anak dibiarkan menonton tv seharian selepas pulang dari sekolah. Mereka juga harus mengasah kemampuan motorik dan lainnya dengan bergaul bersama lingkungannya. Daripada dibiarkan tinggal di rumah seharian, ajak mereka bergaul dengan teman-temannya dan melakukan hal-hal yang bersifat positif. Jangan sampai waktunya dihabiskan hanya untuk menonton saja.

Kualitas konten jauh lebih penting daripada durasi. Walaupun memiliki durasi panjang, namun jika kualitas konten tidak berbobot ya percuma saja. Anda bisa melakukan penyaringan dengan menilai apakah konten tersebut baik ditonton untuk anak atau tidak. Anda anda tentu bisa menilai dan memilah-milih apakah sebuah tayangan layak ditonton untuk anak-anak. Mereka belum memiliki kesadaran untuk menilai apakah sebuah acara baik untuk mereka konsumsi atau tidak.

Sebagai orang tua, sudah seharusnya anda memberikan batasan dan mengajari mereka bagaimana tontonan yang aman itu. Jika acara yang ditonton bersifat kurang mendidik, anak harus memberikan pendidikan secara langsung. Jadilah panutan, misalnya jika mereka bertanya tentang apa yang terdapat di dalam acara tersebut, berikanlah penjelasan yang benar agar jangan sampai ia merasa kebingungan dan meniru hal-hal yang bersifat negatif dari tayangan tersebut.

Masyarakat kita sering beranggapan bahwa konten yang terdapat di tv saat ini cenderung tidak positif. Jika anda berpendapat serupa, maka silahkan cari alternatif lain untuk mengisi waktu luang mereka. Ada banyak sekali informasi positif yang bisa anda berikan. Anda juga bisa berlangganan konten eksklusif dari tv berbayar karena dengan begitu anda bisa benar-benar menyaring kualitas konten yang ingin ditampilkan di televisi rumah. Sekian informasi tentang pentingnya mengatur tontonan untuk anak-anak.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+