Rempah-rempah untuk Melezatkan Makanan dan Menyehatkan

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Masakan Indonesia biasanya memakai rempah-rempah dalam jumlah besar. Itulah mengapa kebanyakan masakan indonesia memiliki cita rasa yang sangat kaya. Namun sebenarnya masih ada banyak khasiat di balik rempah-rempah. Jadi anda bisa membeli rempah-rempah bukan hanya untuk melezatkan masakan, tapi juga untuk menjaga kesehatan. Berikut ini adalah rempah-rempah untuk melezatkan makanan dan menyehatkan.

Rempah-rempah untuk Melezatkan Makanan dan Menyehatkan

Rempah yang pertama adalah kapulaga. Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah yang banyak orang pergunakan untuk meningkatkan rasa dari masakan. Namun kapulaga juga memiliki khasiat yang lebih luar biasa, yaitu untuk menjaga sistem imun tubuh. Jika anda ingin selalu fit saat memasuki musim penghujan, maka sebaiknya anda mencampurkan bumbu atau rempah yang satu ini ke dalam masakan karena didalamnya terdapat zat-zat penting untuk melawan patogen dan bakteri.

Jika dikonsumsi secara teratur, kapulaga bisa membantu proses penyembuhan setelah sakit. Selain itu aroma dari kapulaga sangat khas dan mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi tenang. Rempah berikutnya adalah kunyit. Mungkin anda sudah sangat familiar dengan rempah yang satu ini karena kunyit sering dipakai untuk melezatkan berbagai jenis masakan. Sebenarnya kunyit sangat mudah dipergunakan karena cocok untuk berbagai jenis masakan.

Salah satu manfaat kesehatannya adalah untuk mencegah dan mengurangi radang tenggorokan. Di dalamnya terdapat zat yang bersifat antibiotik. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung kunyit setiap hari tanpa perlu khawatir efek samping yang mungkin ditimbulkan. Kayu manis juga merupakan salah satu rempah yang bisa anda campurkan ke dalam masakan sehari-hari. Salah satu fungsi pentingnya adalah untuk menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar. Selain itu, kayu manis juga diketahui bisa menjaga sistem kekebalan tubuh, termasuk membuat tubuh terasa lebih hangat.

Kayu manis memiliki aroma yang khas dan wangi sehingga bisa dicampurkan ke dalam minuman. Anda bisa mencampurkan kayu manis dengan rempah lain yang juga berguna untuk kesehatan, seperti jahe dan madu. Berikutnya anda bisa mengkonsumsi cengkeh. Cengkeh bukan termasuk rempah yang sering dipakai untuk memasah, tapi jenis kari-karian bisa memakai rempah satu ini.

Cengkeh bisa mengobati batuk. Jika anda sedang berada di musim penghujan, ini akan sangat membantu untuk menghangatkan tubuh. Jahe juga memiliki sifat serupa, yaitu bisa membuat tubuh lebih hangat karena pada dasarnya jahe memiliki cita rasa yang pedas. Namun maanfaat kesehatannya juga luar biasa, misalnya saja untuk mengobati sakit tenggorokan dan infeksi pernafasan. Itu tadi rempah-rempah untuk melezatkan makanan dan menyehatkan.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+