Tidur Siang Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Tidur siang sebenarnya memiliki banyak manfaat. Banyak dari kita yang belum menyadari bahwa tidur siang memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan pikiran. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk meluangkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit untuk tidur siang setiap harinya. Anda tidak perlu tidur berjam-jam karena ada efek samping jika anda kelebihan tidur. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas harian kita. Jika anda termasuk orang yang sangat sibuk dalam melakoni aktivitas, maka sebaiknya anda mendapatkan tidur siang yang cukup.

Tidur Siang Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Tidur siang juga bisa membuat diri semakin awas. Mungkin anda sering merasa kelelahan dan tidak mampu menjaga konsentrasi. Itu karena tubuh sudah mengisyaratkan bahwa anda perlu melakukan istirahat tapi anda tetap memaksakan diri untuk melakukan aktivitas. Jika anda sudah merasakan hal seperti ini, sebaiknya hentikan dulu aktifitas dan lakukan tidur siang selama beberapa menit untuk mengembalikan energi tubuh.

Tidur siang juga bisa memberikan efek psikologis, diantaranya adalah memberikan perasaan senang. Setelah bangun dari tidur siang, biasanya kita merasa rileks dan siap untuk melanjutkan aktivitas kembali. Penelitian juga menunjukkan bahwa tidur siang bermanfaat untuk meningkatkan daya imajinasi kita. Ini membuat kita semakin kreatif dalam melakukan sesuatu. Jika anda ingin menjadi seseorang yang sensitif dalam hal kreativitas, maka sebaiknya luangkan waktu yang cukup untuk tidur siang.

Tidur siang bisa dilakukan setelah pulang sekolah atau kantor. Kapan saja sebenarnya bisa, namun waktunya sebaiknya disesuaikan, misalnya dari 01.00 hingga 02.00. Tidur 30 menit sehari juga tidak masalah. Yang terpenting adalah kualitasnya, bukan kuantitasnya. Jadi secara umum, tidur siang punya banyak manfaat, diantaranya adalah membuat diri kita semakin fokus dan mengembalikan energy.

Tidur siang juga bisa mempertajam kemampuan otak karena bagaimanapun juga otak merupakan organ hidup yang perlu istirahat. Tidak baik jika otak terus dipacu untuk bekerja secara terus-menerus karena ini bisa menurunkan fungsinya seiring waktu. Jika proses itu berjalan begitu cepat, anda mungkin akan mengalami pikun lebih dini. Sekian informasi tentang tidur siang untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+