Tips Mencuci Baju Agar Tidak Apek

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Mencuci baju adalah salah satu pekerjaan rumah yang wajib di lakukan karena kita memakai baju setiap hari. Jadi agar cucian kotor tidak menumpuk, anda harus secara rutin mencuci yang sering dipakai setiap hari. Namun di musim hujan seperti sekarang, terkadang kita kesulitan untuk mengeringkan baju dan seringkali setelah mencuci, justru baju tetap bau. Kami ingin berbagi tips tentang bagaimana mencuci baju agar tidak apek di musim hujan.

Tips Mencuci Baju Agar Tidak Apek

Yang pertama adalah pastikan anda mencuci dengan bersih. Ini khususnya bagi anda yang tidak mencuci memakai mesin cuci. Jika tidak memakai mesin cuci, kita cenderung melewatkan bagian-bagian tertentu dari pakaian sehingga tidak benar-benar bersih. Jika noda tidak terangkat secara sempurna, itulah yang bisa menyebabkan bau pada pakaian. Jadi pastikan anda mencuci dengan sebersih-bersihnya sebelum membilas. Tips berikutnya adalah pisahkan baju yang menyerap keringat dan yang tidak.

Keringat adalah salah satu sumber bau yang sangat menyengat. Jika ternyata pakaian anda ada yang hanya kotor dan ada yang berkeringat, maka pisahkan keduanya dan cuci secara bergantian. Anda juga bisa memakai detergen dengan pewangi karena ini sangat efektif untuk menghilangkan bau dari pakaian. Jangan lupa untuk menghilangkan sisa deterjen dari pakaian karena ini justru bisa menimbulkan bau.

Bilaslah pakaian dengan air bersih  hingga tidak ada busa terlihat. Yang terpenting dalam menjemur baju di musim hujan adalah hindari tempat yang tertutup. Di tempat yang tertutup, aliran udara tidak berjalan secara maksimal. Pakaian perlu mendapatkan angin meskipun tidak berada di bawah paparan sinar matahari. Kondisi yang lembab justru bisa membuat baju berjamur.

Jamur merupakan salah satu pemicu masalah kesehatan, salah satunya adalah gatal-gatal. Jadi meskipun tidak matahari tidak sedang bersinar terik, carilah tempat yang tidak tertutup untuk menjemur baju sehingga mendapatkan angin yang cukup. Sekian tips mencuci baju agar tidak apek. Memang musim hujan seperti sekarang sangat menganggu proses cuci-mencuci, namun bukan berarti anda tidak bisa melakukan sesuatu untuk keluar dari masalah tersebut.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+