Tips Menentukan Resolusi Anda Tahun Ini

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Tahun berganti tahun, sudah seharusnya kita punya resolusi baru untuk membuat hidup lebih bergairah. Tiap orang tentu memiliki resolusi yang berbeda. Anda tidak harus meniru apa yang orang ingin capai di tahun ini. Kontemplasi dan renungkan sendiri, ini akan membantu anda menemukan apa saja hal-hal yang belum anda raih selama hidup. Sebenarnya membuat resolusi bukanlah sebuah keharusan. Banyak orang yang melewati pergantian tahun tanpa resolusi sama sekali dan memilih untuk menentukan goal setelah lewat beberapa bulan.

Tips Menentukan Resolusi Anda Tahun Ini

Keuntungan membuat resolusi adalah kita akan menjadi lebih bersemangat untuk mencapai apa yang diidamkan. Misalkan resolusi anda tahun ini adalah ingin menuntaskan pendidikan S2 atau traveling keliling dunia. Tidak semua orang punya target seperti itu. Ada orang yang ingin punya kendaraan baru, rumah baru, atau yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa tips menentukan resolusi anda tahun ini.

  • Yang pertama adalah anda perlu membuat target yang realistis. Misalnya anda ingin memiliki barang baru yang harganya lumayan mahal. Anda bisa menaksir sendiri apakah barang tersebut bisa dibeli tahun ini dengan gaji yang anda peroleh atau tidak. Jika semisal anda tidak ingin membeli barang tersebut secara cash, mungkin target tersebut bisa lebih cepat dicapai.
  • Sebuah resolusi yang gagal dicapai tidak harus dilupakan. Anda harus ingat, setiap target membutuhkan usaha yang berbeda. Semakin berat target, semakin banyak usaha dan waktu yang dibutuhkan. Jadi kalau misalnya sebuah resolusi tidak berhasil terwujud tahun ini, anda bisa memasukkannya kembali di resolusi tahun depan. Ini agar anda tetap fokus mewujudkan goal tersebut.
  • Jangan membuat terlalu banyak target. Ini kembali lagi ke poin sebelumnya, yakni berpikir realistis. Jika satu goal saja terasa susah untuk dicapai, apalagi banyak. Jangan sampai target-target penting jadi terbengkalai karena ada terlalu banyak goal. Masih ada tahun-tahun berikutnya dimana anda bisa mewujudkan resolusi yang belum kesampaian.
  • Masukkan resolusi anda ke dalam agenda. Misalnya anda berniat untuk menurunkan beberapa kilo berat tubuh anda. Catat berapa berat awal, lalu catat juga usaha-usaha apa yang akan anda lakukan untuk mewujudkannya. Hal yang sama juga bisa anda lakukan untuk resolusi-resolusi lainnya. Ini untuk membantu anda agar tetap termotivasi mewujudkan target tersebut. Itu tadi tips menentukan resolusi anda tahun ini.
Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+