Tips Menurunkan Kolesterol Secara Efektif

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Ada beberapa tips menurunkan kolesterol secara efektif. Kolesterol merupakan salah satu akar masalah penyakit sistem kardiovaskular. Jadi jika anda ingin menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, maka disarankan untuk menjaga asupan kolesterol jangan sampai berlebihan karena ini bisa mengakibatkan resiko serangan jantung serta tekanan darah tinggi. Cara yang paling efektif untuk menurunkan kolesterol adalah menjaga gaya hidup terutama soal makanan. Ada beberapa makanan yang mengandung banyak kolesterol, namun ada beberapa tips penting lainnya juga bisa dilakukan agar kolesterol di dalam tubuh tetap terjaga.

Tips Menurunkan Kolesterol Secara Efektif

Yang pertama adalah berolahraga. Olahraga tidak harus dalam intensitas tinggi. Anda bisa melakukan olahraga yang sederhana seperti lari atau mengayuh sepeda. Yang terpenting adalah pembakaran kalori tubuh terjadi. Aerobik sangat efektif untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Anda bisa meluangkan waktu sekitar 30 menit setiap harinya untuk melakukan aerobic. Makanan juga perlu dijaga. Makanan yang disarankan untuk menurunkan kolesterol adalah buah dan sayur, terutama yang mengandung sterol.

Bisa anda memasukkan buah dan sayur ke dalam menu makan harian. The, bawang putih, ikan salmon, dan kacang-kacangan juga baik untuk dikonsumsi. Rempah-rempah juga diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Anda bisa mengkonsumsi rempah seperti jahe, lada hitam, cengkeh, oregano, kayu manis, dan beberapa yang lainnya agar kolesterol dalam tubuh tidak melebihi batas wajar. Silakan campurkan ke dalam menu makanan harian karena selain sehat, juga bisa melezatkan masakan.

Yang juga penting adalah menjauhi lemak trans / lemak jenuh.  Ini merupakan salah satu faktor penyebab penyakit kardiovaskular. Jadi sebisa mungkin hindari konsumsi lemak jahat atau lemak jenuh agar jangan sampai anda menderita masalah kardiovaskular. Menjaga berat badan juga penting karena sedikit banyak berat badan bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang. Ada berbagai macam penyakit yang bisa disebabkan oleh berat badan yang tidak terkontrol, seperti diabetes, darah tinggi, dan penyakit jantung.

Berikutnya hindari stres berlebihan karena stres juga merupakan salah satu penyebab naiknya kolesterol di dalam darah. Untuk menjaga kesehatan organ tubuh terutama jantung, jagalah jangan sampai pikiran menjadi stress. Itu tadi beberapa tips menurunkan kolesterol secara efektif. Silakan dicoba.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+