Tips Mudah Merawat Pakaian Rajut

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Saat musim hujan tiba, maka baju rajut akan kembali menjadi sebuah tren. Bukan hanya bisa menjaga kehangatan tubuh, namun baju rajut juga bisa menjadikan penampilan seseorang terkesan lebih modis. Pakaian bebahan rajut itu sendiri memiliki banyak model dan tidak hanya terbatas pada sweater saja, tapi juga dress hingga rok sekalipun. Untuk jenis rajutannya sendiri juga tergolong sangat variatif dengan berbagai macam motif.

Meskipun tren hanya pada musim hujan saja, namun banyak juga wanita yang senang menggunakan pakaian ini pada malam hari atau pada saat suhu sedang dingin. Dibandingkan dengan jaket biasa, pakaian rajut dianggap memiliki model tersendiri yang terkesan sangat unik namun tetap bisa menonjolkan sisi feminitas seorang wanita.

Namun sayangnya, banyak wanita yang tidak menyenangi baju rajut hanya dikarenakan perawatannya yang dianggap repot. Apalagi menggunakan pakaian rajut secara terus menerus dan perawatan yang kurang tepat dapat membuatnya menjadi lebih cepat rusak, melar, dan menjadikannya tampak lusuh.

Maka dari itu, agar bisa tetap mendapatkan kesan modis dari pakain rajut, dibutuhkan ketelitian baik dalam menggunakannya atau dalam perawatannya. Apalagi banyak pakaian rajut yang sudah mulai berubah bentuknya setelah pemakaian kedua. Selanjutnya, baju tersebut akan mulai tampak kusut dan melar, sehingga terlihat kurang terawat.

Namun hal ini bukanlah sebuah perkara besar, karena ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan dalam menjaga baju rajut agar bentuknya tidak mudah berubah dan tetap seperti ketika kamu membelinya pertama kali.

Tips Mudah Merawat Pakaian Rajut

Mencuci Pakaian Rajut

Saat mencuci baju, pastikan untuk memisahkan pakaian kamu yang berbahan rajut dengan pakaian lainnya. Pastikan pula untuk mengguankan air dingin saat mencuci baju berbahan rajut karena air yang hangat bisa merusak rajutan dan membuat polanya menjadi berantakan. Kamu juga disarankan untuk mencuci secara manual dengan menggunakan tangan, bukan mesin cuci karena hanya akan membuat pakaian rajut kamu lebih mudah menyusut dan rusak.

Menyetrika Pakaian Rajut

Bagi kamu yang sering meyetrika pakaian rajut, pastikan untuk tidak menggunakan suhu yang tinggi karena bisa membuat pakaian menjadi menyusut. Kebiasaan untuk menyetrika pakaian rajut dalam suhu tinggi juga akan membuat warnanya menjadi lebih cepat pudar.

Menjemur Pakaian Rajut

Tips merawat pakaian rajut selanjutnya adalah dengan menghindari untuk menjemur di bawah sinar matahari langsung, karena hal ini akan menjadikan ukuran dan warnanya berubah drastis. Untuk itu, kamu hanya cukup mengangin-anginkannya saja di tempat yang teduh namun memiliki sirkulasi udara yang cukup.

Menyimpan Pakaian Rajut

Saat menyimpan baju rajut, lipatlah secara rapi dan letakkan di dalam lemari. Pastikan untuk tidak menggantungnya karena berpotensi membuatnya menjadi melar ke bawah. Agar bisa menghindari bau apek yang ditimbulkan oleh lemari, usahakan suhu lemari tersebut selalu kering.

Mengatasi Benang Putus

Baju rajut sangat identik dengan benang yang putus atau keluar. Jika hal ini terjadi, jangan menarik benang tersebut hingga lepas. Jika kamu terbiasa melakukan hal seperti ini, maka akan membuat baju rajut kamu semakin rusak dan akhirnya tidak bisa dikenakan lagi. Sebaiknya gunakan jarum untuk menyematkan kembali benang-benang yang terlepas tersebut.

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk merawat baju rajut agar bisa tetap awet? Tidak dibutuhkan perawatan yang khusus, hanya dengan menerapkan tips merawat pakaian rajut di atas, maka kamu akan mendapatkan pakaian rajut yang tetap awet bentuk dan warnanya. Jangan lupa Like Facebook Page, Follow Twitter, Add Google+ dan kunjungi Kaskus Celoteh Wanita untuk terus mendapatkan informasi wanita seputar fashion, kecantikan, kesehatan, diet dan lain-lain yang dikemas secara menarik.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+