Usia Ideal Menikah Untuk Pria dan Wanita Berapa Ya?

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Pesta pernikahan membutuhkan persiapan yang matang, bukan hanya soal materi saja, namun anda juga perlu mempersiapkan mental sebaik mungkin. Banyak orang beranggapan bahwa usia ideal untuk menikah antara pria dan wanita tersebut berbeda. Sebenarnya tidak ada batasan untuk melakukan pernikahan. Anda bisa menikah pada usia yang masih muda, paruh baya, ataupun tua. Usia berapapun tidak masalah, yang terpenting adalah anda sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum pernikahan tersebut dilangsungkan.

Usia Ideal Menikah Untuk Pria dan Wanita

Kita tidak pernah tahu kapan jodoh akan datang. Namun secara umum, usia ideal untuk menikah untuk perempuan adalah di usia 20 – 21 tahun. Kemudian untuk laki-laki adalah pada usia 25 tahun. Alasannya adalah karena pria memerlukan kematangan finansial sebelum melakukan pernikahan. Selain itu, emosi serta psikis juga harus dipersiapkan dengan baik. Usia 25 ke atas merupakan usia matang di mana seseorang sudah mampu mempersiapkan diri baik secara fisik maupun emosi untuk menjalani hubungan rumah tangga.

Untuk wanita, mengapa pernikahan bisa dilangsungkan lebih awal? Itu karena konduksi kesehatan reproduksi mereka lebih baik saat masih berusia muda. Jika anda berniat untuk memiliki banyak anak, maka kecenderungannya adalah menikah di usia muda karena dengan menikah di usia muda, ada banyak waktu untuk memiliki banyak keturunan. Namun jika anda tidak terlalu mempermasalahkan keturunan, maka tidak ada masalah jika ingin menikah di usia lebih tua.

Apakah pria harus lebih tua daripada wanita dalam sebuah hubungan? Sebenarnya ini bukanlah patokan standar dalam sebuah pernikahan. Tidak ada masalah jika pihak perempuan lebih lebih dewasa usianya daripada pihak laki-laki. Namun pertimbangan soal pria harus berusia lebih tua daripada wanita dalam sebuah pernikahan mengacu pada fakta bahwa pria merupakan pemimpin, jadi ia perlu lebih matang. Kematangan seseorang bisa dilihat dari usianya, walaupun faktanya tidak selalu demikian.

Banyak juga orang yang sudah berusia tua namun masih memiliki sifat seperti anak-anak, begitu pula sebaliknya. Jadi yang diperlukan dalam sebuah hubungan pernikahan adalah kedewasaan dari masing-masing pihak, terutama dari pihak laki-laki. Jika misalnya anda sudah melewati masa usia ideal menikah, apakah anda harus terburu-buru untuk melakukannya? Rasanya tidak, yang terpenting adalah anda harus siap dulu secara materi dan emosi.

Pokoknya kuncinya hanya satu, yaitu kesiapan dalam membina rumah tangga. Jika kedua individu sudah siap, ini bisa menghindari konflik yang sering muncul dalam kehidupan rumah tangga. Dari konflik yang kecil seperti ketidakcocokan bisa muncul masalah yang lebih besar. Sudah banyak kasus membuktikan bahwa pernikahan yang terburu-buru kemungkinan besar tidak berakhir bahagia, jadi berhati-hatilah.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+