Yang Perlu Dilakukan Saat Mengalami Depresi

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+

Siapapun bisa mengalami depresi. Ini adalah kondisi dimana seseorang merasa sangat terpuruk dalam hal emosi. Penyebabnya sangat beragam, seperti putus cinta, kehilangan pekerjaan, beban kerja berlebih, dsb. Seseorang yang mengalami depresi harus melakukan tindakan supaya tidak terus tenggelam di dalam perasaan sedihnya. Semakin lama terbelenggu dalam kesedihan, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk bangkit dan menata hidup kembali. Depresi bukanlah permasalahan yang enteng. Maka dari itu, jika ada salah satu orang terdekat mengalaminya, sudah sepatutnya kita membantu orang tersebut untuk keluar dari depresinya. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan saat mengalami depresi.

Yang Perlu Dilakukan Saat Mengalami Depresi

Yang pertama perlu dilakukan adalah meluangkan waktu untuk diri sendiri dan bermeditasi. Ada yang beranggapan bahwa seseorang yang depresi sebaiknya tidak dibiarkan sendiri. Namun sebenarnya, orang yang sedang mengalami keterpurukan emosi tetap membutuhkan ruang privat untuk menenangkan diri. Melakukan meditasi sangat membantu proses healing. Meditasi bisa dilakukan dimana saja, namun sebaiknya anda melakukan itu di tempat yang tenang, jauh dari kebisingan. Duduk santai, tutup mata, dan kosongkan pikiran. Lakukan terapi ini selama 30 menit setiap hari supaya pikiran anda tetap dalam kondisi stabil.

Mengkonsumsi makanan sehat juga membantu untuk menjaga kestabilan pikiran. Anda perlu mendapatkan asupan Vitamin B dan B-12 yang cukup. Kedua zat ini berperan dalam memperbaiki mood dengan merilis Dopamin, Serotonin, dan Epinephrine. Ada banyak makanan yang bisa menjadi sumber Vitamin B, diantaranya adalah daging, susu rendah lemak, telur, bayam, kerang, dan paprika. Masih ada banyak lagi yang lainnya.

Berikutnya, anda juga perlu istirahat tidak cukup. Saat pikiran sedang tidak tenang, biasanya pola tidur menjadi terganggu. Namun anda harus berusaha meyakinkan diri bahwa kondisi ini akan berlalu. Lakukan olahraga, dengarkan musik, dan hal lain yang bisa melepaskan ketegangan di dalam pikiran. Ini supaya anda menjadi lebih mudah tidur. Daripada menghabiskan waktu untuk memikirkan hal-hal yang sifatnya negatif, lebih baik anda luangkan waktu lebih untuk tidur. Kondisi fisik juga akan menjadi lebih baik jika anda mendapatkan cukup tidur.

Jangan ragu untuk mengungkapkan apa yang dirasakan pada orang terdekat. Banyak orang yang ragu berbagi isi hati karena merasa malu. Ada stigma bahwa depresi adalah aib yang tidak pantas diceritakan, padahal ini tidak benar sama sekali. Orang yang mencintai anda pasti bersedia untuk mendengarkan curhat anda, jadi sangat takut berterus-terang. Itu tadi hal-hal yang perlu dilakukan saat mengalami depresi.

Bagikan...Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+