10 Rahasia Cara Hidup Hemat Anak Kost Yang Patut Dicoba

Siapa yang tak pernah dengar soal kehidupan anak indekos atau “kost” yang identik dengan kesengsaraan? Jangan khawatir cara hidup hemat anak kost bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya mahasiswa yang sedang kuliah, pekerja kantor pun tak lepas dari kata melarat kalau sudah tinggal jauh dari keluarga.

Sebenarnya kehidupan anak “kost” tak separah itu kok, Darlings. Buktinya, banyak pelajaran yang kamu dapatkan dibanding tinggal di rumah orang tua. Kamu akan jadi pribadi yang mandiri, lebih menghargai apa yang kamu miliki, dan yang terpenting adalah, hemat.

Masalah utama bagi anak “kost” umumnya adalah perkara uang, uang dan uang. Inilah tantangan utama bagi mereka yang sudah menjadi anak “kost”. Baru pertengahan bulan,  “pundi amal” mereka sudah menipis. Di akhir bulan, tamat sudah riwayat mereka.

Bagi anak “kost”, hidup bahagia di awal bulan tak akan awet dan tahan lama. Banyak pula yang merasa bahwa awal bulan, pertengahan, dan akhir bulan tak ada bedanya alias sama sama “bokek”. Ironis ya, Darlings?

Semuanya tergantung kamu kok. Berapapun uang yang mendarat di rekeningmu, kalau kamu tak pintar mengaturnya, dalam hitungan hari saja uangmu pasti ludes. Berikut adalah cara hidup hemat kost yang bisa Darlings tiru:

Cara Hidup Hemat Anak Kost Yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-Hari

  1. Jauhkan Dirimu dari ‘Fenomena Awal Bulan’

Cara Hidup Hemat Jangan Belanja

Tentu Darlings sudah tak asing dengan antrian mengular di depan ATM, kafe yang penuh pengunjung, serta pusat perbelanjaan yang ramai di awal bulan bukan? Tepat sekali, ini dia fenomena awal bulan yang harus kamu jauhi. Hindari jalan-jalan ke mall pada awal bulan karena dengan uang yang berlimpah di kantongmu, kamu akan tergoda membeli segala barang yang tak kamu butuhkan. Kalaupun kamu  ingin membeli keperluan bulanan, jangan terlalu banyak membawa uang, secukupnya saja dan jangan lupa untuk membuat list sebagai pengontrol. Begitu juga dengan kegiatan nongkrong di kafe. Kamu akan kalap memesan makanan yang ada karena kamu merasa punya uang yang cukup untuk membayar pesananmu.

  1. Kerjakan Sendiri!

Woman Carrying Dirty Laundry Clothes.

Gunakan tenagamu untuk berolahraga dengan mencuci bajumu sendiri. Darlings tak perlu repot menitipkan pakaian kotor ke jasa laundry karena hal ini jelas menghabiskan uangmu. Selain itu, kamu juga harus menunggu 3-4 hari. Lebih baik kamu menggunakan uang laundry untuk membeli beras yang dimasak sendiri dengan penanak nasi. Kamu tinggal membeli sayur atau lauknya saja di luar. Lebih hemat bukan?

  1. Tak Perlu Malu, Bawalah Daku!

Cara Hidup Hemat Dengan Membawa Air Minum Sendiri

Tak ada salahnya membawa minum sendiri bukan? Ayo, gunakan kembali botol minummu yang sudah lama dimuseumkan. Tak usah malu, membawa minum sendiri jauh lebih baik daripada membeli minum di luar. Kalau kamu terpaksa makan siang di kantin atau restoran, jadilah kaum air putih yang baik, jangan coba-coba memesan makanan dan minuman sekaligus karena hal ini akan menguras kantongmu. Yang terpenting, jangan lupa mengisi ulang botol minummu yang sudah hampir habis setiap menjumpai freeflow water ya.

  1. Simpan ATM di Tempat Yang Sulit Dijangkau Agar Tak Tergoda Melihatnya

Cara Hidup Hemat Dengan Menyembunyikan Kartu ATM

Atur keuangan Darlings dengan cara tidak terlalu sering menjenguk mesin ATM. Tahan dirimu untuk tak mengunjungi Mister ATM, cukup temui ia seminggu sekali atau lebih dan mintalah uang secukupnya, kemudian berjanjilah untuk mengunjunginya minggu depan. Tak perlu terlalu sering menarik uang di ATM, ambilah secukupnya setiap seminggu atau dua minggu sekali, kemudian sembunyikan ATM mu ditempat yang sulit dijangkau. Kalau perlu tak usah punya ATM, cukup buku tabungan saja. Hal ini akan membuatmu jauh lebih hemat karena kamu harus bolak balik bank untuk mengambil uang, otomatis kamu akan malas mengambil uang.

  1. Jangan Malu Jadi Bagian Dari Para Fakir WiFi

Cara Hidup Hemat Dengan Wifi Gratis

Darlings harus peka terhadap segala sesuatu yang “berbau” gratis, termasuk WiFi. Cari tahu siapa saja teman-temanmu yang punya fasilitas WiFi di “kost” atau rumahnya. Kalau kamu sedang di kampus, manfaatkan WiFi yang tersedia di kampus semaksimal mungkin. Jangan lewatkan kesempatan menggunakan WiFi gratis di seluruh penjuru kampus. Jadilah WiFi hunter sejati, Darlings!

  1. Selipkan Sebagian Uangmu di Tempat Tempat Yang Tak Terduga dan Rasakan Sensasinya!

cara hidup hemat anak kost

Pernah merasakan bagaimana sensasi tak sengaja menemukan uang yang terselip di kantongmu saat kamu benar benar “bokek”? Ya, seperti mendapat hadiah dari kamu untukmu sendiri kan? Agar dapat kembali merasakan percikan surga tersebut, kamu cukup menyelipkan sejumlah uang di tempat yang tak terduga, misalnya di lipatan baju, di tempat yang paling tersembunyi di dompetmu, atau bahkan di bawah tempat tidur dan rasakan kebahagiaannya ketika kamu menemukan uang itu kembali. Bahagia itu sederhana, Darlings. Setuju?

  1. Beli Kartu Perdana Supaya Hemat Kuota

Cara Hidup Hemat Dengan Kartu Perdana Internetan

Beli paket data per bulan memang bukan perkara murah. Apalagi jika paket datamu habis dan mau tak mau harus isi ulang pulsa agar bisa membeli paket. Daripada isi ulang pulsa, ada baiknya Darlings membeli kartu perdana khusus internetan yang terjual bebas di counter pulsa. Dengan kartu perdana kamu bisa mendapat kuota yang lebih banyak dengan harga yang sama dengan isi ulang pulsa. Syaratnya, handphone-mu harus dual sim card ya Darlings!

  1. Pinjamlah Barang-barang yang Memang Layak Dipinjam

Cara Hidup Hemat Meminjam Buku

Bagi Darlings yang masih mahasiswa, kamu pasti butuh buku sebagai referensi tugas kuliah. Tak jarang pula dosen menitipkan bahan yang mau tak mau harus kamu fotokopi karena merupakan bacaan wajib mata kuliah yang kamu ambil. Sebagai mahasiswa cerdas, tak ada salahnya kamu berusaha meminjam terlebih dahulu sebelum membeli buku atau memfotokopi bahan yang kadang sampai ratusan halaman.

Jangan malu mengejar seniormu, Darlings! Siapa tahu angkatan atas pernah menggunakan materi yang sama sebelumnya. Kamu juga bisa mencari bahan tersebut di internet kok. Bukan tak mungkin bahan bacaan populer itu sudah beredar luas di dunia maya. Tak habis akal, langkahkan kakimu ke perpustakaan dan cari bukumu disana. Khusus bagi Darlings yang masih single, tak ada salahnya sering-sering ke perpustakaan. Selain mendapatbuku bacaan yang kamu cari, kamu juga bisa mendapatkan bonus gebetan baru.

  1. Teman Yang Baik Adalah Teman Yang Mau Memberikan Tumpangan 

Cara Hidup Hemat Dengan Nebeng Teman

Kalau Darlings tak punya kendaraan pribadi, tak ada salahnya mengajak temanmu yang searah untuk pulang bareng. Jika teman satu “kost” mu punya motor, kamu bisa “nebeng” ke kampus di jam mata kuliah yang sama atau ke kantor. Tapi ingat, jangan merepotkan temanmu. Carilah tumpangan yang memang searah denganmu dan jangan dipaksakan. 

Yang terpenting adalah relasi. Kalau kamu pandai bergaul, kamu pasti mudah menemukan teman untuk pulang bareng.

  1. Rajin Membaca Kesempatan

Cara Hidup Hemat Dengan Membaca Peluang

Kalau Darlings masih mahasiswa, kamu harus jeli terhadap seminar-seminar yang diadakan di kampusmu. Jadikan teman-teman yang berbeda jurusan denganmu sebagai informan. Kamu harus menjadi seorang mahasiswa yang “haus” akan informasi acara seminar. Cari tahu seminar yang akan diadakan dan yang terpenting adalah mencari tahu insentif dari seminar itu. Banyak kok seminar yang benar-benar free dengan insentif lumayan seperti sertifikat, snack, dan makan siang gratis. Selain bisa tambah ilmu, kamu juga hemat makan siang.

Bagi Darlings yang sudah bekerja, rajin-rajinlah ikut meeting di luar kantor. Jika bukan ditraktir lawan bicara, setidaknya reimbursement kantormu bisa jadi jaminan. Lumayan kan meski hanya segelas kopi gratis?

Bagaimana, Darlings? Tak sulit kan mengadopsi cara hidup hemat ala anak “kost”? Tapi ingat, jadi hemat bukan berarti kamu pelit karena hemat dan pelit adalah dua hal yang berbeda. Kalau kamu tak mau mengeluarkan uang sampai merugikan pihak lain, artinya kamu bukan hemat, melainkan pelit.

Jika ingin meniru cara hidup hemat anak kost, kamu hanya perlu memilah apa yang kamu butuhkan dan apa yang kamu inginkan. Keinginan itu fana, Darlings. Kesenanganmu akan berakhir tak lama setelah kamu meninggalkan toko atau restoran tempat uangmu dihabiskan. Yuk bergaya sesuai isi kantong kita. Selamat mencoba, Darlings!