sepatu bahan suede
in

4 Tips Membersihkan Sepatu Bahan Suede

Punya sepatu bahan suede tapi jarang dipakai karena takut kotor terkena debu, air dan sejenisnya? Atau jangan-jangan kamu punya sepatu bahan suede tapi tak terpakai lagi karena kotor dan bingung bagaimana cara membersihkannya? Tenang, Darlings! Kali ini coleteh wanita hadir dengan tips khusus bagi kamu para pecinta sepatu berbahan suede.

Tips Mudah Membersihkan Sekaligus Merawat Sepatu Bahan Suede Kesayanganmu:

  1. Keringkan Sepatu Secepatnya jika Terkena Air

Air adalah musuh utama sepatu bahan suede. Jika suatu hari sepatumu terkena air, cukup keringkan sepatumu dengan menggunakan kipas angin atau diamkan saja di dalam ruangan hingga kering. Jangan pernah menjemur sepatumu dibawah panas terik sinar matahari karena hal ini akan merusak sepatu suede-mu.

Selain itu, jika sepatumu sudah kering tanpa bantuan sinar matahari, sikat sepatumu dengan sikat gigi berbulu lembut atau akan lebih baik menggunakan sikat khusus untuk sepatu bahan suede.

  1. Gunakan Kembali Sikat Gigimu yang Sudah Tak Terpakai

Noda-noda ringan yang menempel di sepatu suede kamu pasti terlihat sangat menggangu. Lawan noda ini dengan sikat gigi bekasmu yang berbulu lembut. Caranya, celupkan sikat gigi kedalam air bersih kemudian sikatlah secara lembut dan perlahan dengan pola searah. Jangan pernah menyikat sepatumu secara tidak teratur alias bolak balik karena akan merusak bentuk dan tekstur sepatu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan karet penghapus untuk membersihkan noda ringan tersebut. Caranya cukup gosokkan penghapus secara perlahan dengan pola searah pada sepatumu. Perlu diperhatikan pula bahwa bahan dasar si penghapus haruslah lembut.

Baca juga8 Cara Agar Sepatu Tidak Bau, Nomor 4 Sering Diabaikan!

  1. Lindungi Sepatu Suede-mu!

merawat sepatu bahan suede

Hang out pakai sepatu bahan suede andalanmu? Silahkan! Namun, aalangkah baiknya jika sebelum membawanya jalan jalan, semprotkan dulu suede protector pada sepatumu. Semprotkan secukupnya saja. Fungsi dari suede protector ini adalah untuk melindungi sepatumu dari debu dan kotoran ringan. Suede protector bisa dibeli di toko dan supermarket terdekat, Darlings.

  1. Gunakan Cuka dan Tepung Maizena untuk Membersihkan Sepatumu

Jika sepatumu tak sengaja terkena noda keringat atau tetesan air, cukup taburkan tepung maizena dan diamkan beberapa saat kemudian sikat dengan lembut. Tepung maizena berfungsi untuk mengangkat kotoran yang menempel pada sepatu suedemu. Begitu juga dengan cuka putih, cukup oleskan sedikit pada bagian sepatumu yang terkena noda kemudian sikat perlahan dengan pola searah. Tak perlu kuatir dengan bau cuka yang cukup menyengat, bau yang berasal dari si cuka akan menghilang sendiri seiring berjalannya waktu.

Jadi, bagaimana? Cukup mudah bukan cara membersihkan serta merawat sepatu bahan suede? Ayo keluarkan sepatu suede andalamu dan ajak ia jalan-jalan melihat dunia!

solusi rambut rontok

5 Solusi Rambut Rontok (Cara Alami)

cara membuat anak gemar membaca

8 Cara Efektif Membuat Anak Gemar Membaca