5 Tips untuk Milenial Agar Merasa Bahagia di Tempat Kerja

Kita menghabiskan waktu sepanjang hari di tempat kerja. Jadi, masuk akal kalau Anda memilih pekerjaan yang sekiranya membuat Anda bahagia. Namun, menurut hasil survei yang diterbitkan di Wall Street Journal, lebih dari 50% orang di Amerika tidak merasa bahagia dengan pekerjaan mereka.

Bagaimana dengan Anda yang tinggal di Indonesia, apakah juga menghadapi hal serupa? Kalau iya, bisa jadi Anda mengalami tanda-tanda seperti kurang fokus, sulit berkomunikasi, hingga menjadi tidak produktif. Tidak perlu khawatir, coba lakukan cara-cara berikut ini agar Anda bisa menciptakan kebahagiaan di tempat kerja.

Tips untuk Merasa Lebih Bahagia di Tempat Kerja

Mengisi Rutinitas Pagi dengan Energi Positif

Jika Anda mengawali pagi dengan panik, kebingungan mengatur jadwal untuk sehari nanti, bisa-bisa itu malah bikin stres. Cobalah kebiasaan sederhana untuk tidur lebih cepat malam harinya, kemudian bangun 15 menit lebih awal keesokan harinya. Tuliskan lima hal yang membuat Anda bersyukur pagi ini. Dengan begitu setiap pagi Anda akan diawali dengan perasaan yang bahagia dan pikiran positif.

Menyeimbangkan Kehidupan dan Pekerjaan

Bekerja memang perlu tetapi bukan berarti Anda tidak meluangkan waktu untuk kehidupan pribadi, ya. Kalau Anda terus bekerja sepanjang waktu, mungkin ini saatnya untuk menyesuaikan lagi jadwal kegiatan Anda. Contohnya, sepulang kerja Anda bisa sempatkan ke karaoke dengan teman-teman, atau liburan bersama keluarga di akhir pekan. Keseimbangan inilah yang membuat Anda bahagia.

Tidak Mempermasalahkan Hal-Hal Kecil

Setiap hari akan ada tantangan baru yang menanti Anda di tempat kerja. Daripada dibikin pusing, lebih baik belajarlah untuk menikmati dan menerimanya saat masalah mendatangi Anda. Yang benar adalah, berhenti mencemaskannya serta jangan menyerah. Anda fokus saja terhadap solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ajak masalah itu ‘berdamai’ daripada Anda terus berusaha melawannya.

Menikmati Setiap Proses yang Dilalui

Akuilah saat diri sendiri maupun tim Anda berhasil menyelesaikan sebuah proyek. Pengakuan seperti ini dapat meningkatkan rasa bahagia karena membuat kepercayaan dan keyakinan diri ikut meningkat. Berikan pujian kepada diri sendiri setelah berhasil menyelesaikan sebuah tugas dan pekerjaan. Jika Anda merasa puas dengan diri Anda maka kebahagiaan akan datang dengan sendirinya.

Mempelajari Keterampilan Baru

Melakukan hal yang sama setiap hari bisa terasa melelahkan sehingga membuat jenuh. Jadi, cobalah untuk berubah sedikit demi sedikit dengan memberikan tantangan kepada diri sendiri. Tantang diri Anda untuk melakukan suatu keterampilan dalam hal baru. Ini dapat meningkatkan perasaan puas dan bahagia, serta membuat Anda termotivasi dan juga terinspirasi.

Demikianlah kelima tips yang bisa Anda terapkan untuk menciptakan kebahagiaan sendiri di tempat kerja. Selain itu perbanyak bersyukur dan selalu tersenyum, pasti Anda akan lebih bahagia. Yuk, berbahagialah mulai hari ini.