cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami
in

7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

Wajah yang dipenuhi bulu halus dan berpori besar cenderung sulit untuk ditutupi dan riasan pun akan mudah luntur. Mengganggu sekali, bukan?

Survei Harris Poll yang disponsori oleh L’Oreal menemukan bahwa sebanyak 23 persen wanita mengatakan menyerah terhadap segala jenis produk kecantikan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Ada cara lain yang alami dan aman dilakukan untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Berikut tips untuk kamu :

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

  1. Rajin Membersihkan Wajah

Bersihkan wajah minimal dua kali sehari, di pagi dan malam hari, atau siang jika kamu sering melakukan aktivitas di luar rumah. Pada malam hari, jangan malas untuk membersihkan sisa makeup yang menempel dengan pembersih yang kandungan pH-nya seimbang. Hal ini dilakukan gar dapat mengangkat minyak, komedo dan sisa makeup yang menempel pada pori-pori wajah.

Baca Juga6 Teknik Merawat Sekaligus Cara Mengatasi Wajah Berminyak Yang Benar

  1. Pengelupasan Secara Rutin

Gunakan kombinasi antara produk pengelupasan berberntuk scrub dengan produk kimiawi seperti alkohol berkadar rendah bebas serum glycolic. Pastikan kamu telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kecantikan agar sesuai dengan jenis wajah kamu. Menurut Renee Rouleau, seorang ahli kecantikanm cara ini dapat menghilangkan kulit kering dan sel kulit mati penyebab pori-pori semakin besar.

  1. Aplikasikan Retinol

Kandungan retinol dapat mencegah produksi melanin dan meregenerasi kulit wajah. Penulis buku Skin Rules dari New York, Debra Jaliman, merekomendasikan produk perawatan kulit untuk dipakai pada malam hari yang mengandung rerinol yang bermanfaat bisa mengecilkan pori-pori bekas jerawat dan kulit kering.

  1. Gunakan Tabir Surya atau Sunblock Wajah

cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan sunblock

Kalau Darlings adalah wanita dengan banyak aktivitas di luar rumah, otomatis kulitmu, terutama wajah, akan mudah terbakar akibat sinar UVA dan UVB yang menghasilkan radikal bebas dan bisa merusak lapisan luar dalam kulit wajah. Seblum keluar rumah, gunakan tabir surya atau sunblock khusus wajah atau gunakan topi yang menutupi wajah.

Ahli kecantikan dan kesehatan kulit pemilik Thornhill Skin Care, Shawn Solomon, menyarankan para wanita agar menggunakan produk yang mengandung sel tumbuhan yang dapat memperbaiki kontur kulit.

  1. Olahraga

Berolahraga memang banyak manfaatnya, salah satunya untuk kesehatan wajah. Ahli masalah kulit dari California bernama Michael Lin menyarankan melakukan olahraga secara rutin selama 1 jam, sehingga kulit mampu meregenerasi secara alami. Siapkan handuk bersih yang telah diberi pembersih wajah yang mengandung asam salisilat untuk mengelap keringat di wajah Darlings, ya.

  1. Lakukan Uap Wajah

Ahli kecantikan dan pemilik Cecilia Wong asal Hongkong menyarankan ritual uap wajah menggunakan herbal secara rutin. Kombinasikan minyak zaitun, scrub dan ekstrak lemon, estrak bunga mawar, daun mint serta susu ke dalam air hangat berisi handuk. Diamkan 10 hingga 15 menit pada wajah, lalu usapkan dan bilas hingga bersih dengan air dingin.

  1. Masker Alami

cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan masker alami

Selain cara di atas, kamu bisa menggunakan masker wajah alami yang dapat dibuat sendiri di rumah. Jika tidak sibuk, lakukan dua hari sekali. Jika sibuk, kamu bisa “maskeran” wajah satu minggu sekali saat sedang santai.

Bahan-Bahan yang Dapat Mengecilkan Pori-Pori Wajah

  1. Mentimun + Apel

Untuk mengecilkan pori-pori, kau perlu buah atau sayur yang bersifat astrigen, salah satunya mentimun. Hasilnya akan lebih sempurna bila ditambah apel yang merupakan antioksidan alami dan mengandung bahan yang mampu menyerap minyak berlebih pada wajah.

Caranya : ambil satu mentimun dan apel berukuran sedang. Haluskan menggunakan food processor atau diparut hingga halus, jangan ditambah air. Aplikasikan pada wajah secara merata, biarkan sekitar 10 menit kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih. Lanjutkan dengan mengoleskan pelembab sesuai jenis kulit.

  1. Tomat

cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan tomat

Jus tomat merupakan penangkal pori-pori besar yang sangat manjur karena kaya akan vitamin C dan potassium.

Caranya : ambil dua buah tomat organik yang sudah matang, kemudian blender hingga halus. Aplikasikan pada wajah secara merata, setelah itu bilas dengan air dingin. Kamu juga bisa mencampurkan fuller earth atau curd (dadih) hingga menjadi masker yang sempurna.

  1. Putih Telur

Kemampuan putih telur sebagai zat perekat sudah tak diragukan lagi. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengencangkan wajah dan juga mengecilkan pori-porin.

Caranya : pisahkan putih telur dari kuningnya, tambahkan setengah sendok teh madu, aduk-aduk hingga menjadi pasta. Oleskan masker tersebut pada wajag secara merata. Diamkan hingga mongering dan rasakan tarikan dari putih telur. Terakhir, bilas dengan air dingin hingga bersih.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipus kaya akan antioksidan dan kandungan vitamin C, sangat baik untuk membersihkan kulit dari pori-pori bekas jerawat.

Caranya : ambil jeruk nipis lalu potong tipis-tipis, kemudian tempelkan pada wajah hingga rata. Sebelumnya, pastikan cuci mukan dan wajah telah bersih dari make-up. Diamkan selama 10 menit, kemudian basuh dengan air hangat.

  1. Gula + Madu + Minyak Zaitun

Nutrisi yang terkandung dalam madu terkenal bisa membuat kulit menjadi halus dan kenyal. Apalagi bila digabung dengan gula pasir dan minyak zaitun, madu berguna untuk mengecilkan pori-pori dan menghaluskan kulit.

Caranya : campur masing-masing satu sendok teh madu, gula pasir, dan minyak zaitun. Aduk hungga membentuk pasta. Sebelum dioleskan, pastikan wajah dalam keadaan basah. Kemudian, oleskan secara merata menggunakan tangan disertai pijatan ringan dengan gerakan berputar. Diamkan selama 10 menit. Terakhir, cuci wajah menggunakan air dingin hingga bersih.

  1. Pepaya

cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dengan pepaya

Tidak banyak yang tahu jika buah berwarna merah ini selain untuk mengatasi BAB, juga dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya : parut seperempat pepaya yang tidak terlalu matang hingga halus. Oleskan pada wajah secara menyeluruh, diamkan 10 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat.

  1. Oatmeal + Lemon

Oatmeal memiliki tekstur kasar, sehingga baik digunakan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Sementara lemon kaya antioksidan yang bagus untuk kulit.

Caranya : ambil satu sendok makan oatmeal, tuang ke dalam wadah. Tambahkan perasan lemon secukupnya. Aduk-aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada seluruh wajah hingga merata, diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas dengan air dingin sampai bersih.

  1. Baking Soda

Baking soda tidak hanya membantu menghilangkan sel kulit mati, tapi juga dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori di wajah.

Caranya : setelah wajah dibersihkan dari makeup, tuang satu sendok teh baking soda ke dalam gayung yang berisi air. Gunakan air tersebut untuk membilas wajah. Setelah dibilas, jangan langsung dikeringkan dengan tissue atau handuk, diamkan selama dua menit agar meresap ke dalam kulit.

Lakukan tips-tips mengecilkan pori-pori wajah di atas secara rutin, agar pori-pori di wajah kamu dapat mengecil atau hilang. Dengan begitu, wajah kamu akan bersih dan kamu bisa menggunakan bedak akan sempurna. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

rincian biaya pernikahan

Tips Jitu Menyiapkan Rincian Biaya Pernikahan: Halal Itu Murah!

cara melupakan seseorang dengan cepat

Cara Melupakan Seseorang Dengan Cepat Dalam 7 Hari, Saatnya Move On!