7 Manfaat Nikah Muda: Yay or Nay?

Dalam beberapa sudut pandang, banyak manfaat nikah muda yang didapatkan. Etis, tapi pernikahan itu tak main-main. Kalau bisa, cukup sekali seumur hidup janji suci itu disebut. Sakralnya pernikahan membuat siapapun sangat berhati-hati dalam memilih jodoh, bahkan tak sedikit pula yang terus menunda pernikahan karena menunggu segala sesuatunya sempurna. Memang benar menikah itu jangan hanya karena sudah masuk waktunya, tapi apa salahnya mulai lebih awal jika memang sudah siap?

7 Manfaat Nikah Muda ini bisa jadi pertimbanganmu dalam menentukan waktu yang tepat, Darlings. Yuk disimak!

  1. Awet Muda

Manfaat Nikah Muda Awet Muda

Manfaat nikah muda yang pertama adalah terlihat muda dengan sang buah hati. Jika tak menunda momongan lama-lama setelah nikah muda, selisih usia Darlings dengan sang anak tak akan terpaut jauh. Saat berjalan-jalan di pusat perbelajaan, kamu dan anakmu bakal terlihat seperti adik kakak. Mereka yang tak mengenalmu tak akan mengira kamu adalah seorang ibu, bukan kakaknya. After all, siapa sih yang tak mau terlihat awet muda?

  1. Mengurangi Mantan

Menikah Muda Mantan Pacar Sedikit

Semakin cepat menikah, semakin sedikit pula waktu yang kamu gunakan untuk berpacaran. Artinya? Kamu akan punya lebih sedikit mantan pacar, Darlings. Kamu pasti tahu kalau persoalan mantan jadi salah satu hal yang sering memicu pertengkaran. Sebaik-baiknya pasangan adalah yang mampu menjaga diri. Less exes mean less drama, right? 

  1. Leluasa Memilih

Manfaat Nikah Muda Bisa Memilih Pasangan

Sesuatu yang berkualitas baik pasti banyak diburu dan cepat habis. Keuntungan menikah muda yang lain ialah Darlings bisa menentukan pilihan ketika “persediaan” masih berlimpah. Good guys sell out fast, don’t they?

  1. Lebih Berpengalaman

Manfaat Nikah Muda Lebih Berpengalaman

Kalau mampu membina rumah tangga denga baik, Darlings yang menikah muda akan lebih kaya pengalaman soal rumah tangga dibanding teman-teman seusiamu. Kamu jadi lebih matang dan dewasa. Saat reuni dengan teman-teman kuliah, misalnya, kamu pasti beberapa langkah di depan mereka tentang segala sesuatu yang menyangkut rumah tangga. Kalau sudah begini, kamu bisa jadi counselor of the group, nih. Hihi.

  1. Tumbuh bersama

Manfaat Nikah Muda Tumbuh Bersama

Ketika memulai rumah tangga lebih awal, kamu akan ada di hidupnya lebih awal. Dengan hadir di periode usia krusial pasangan, kalian akan saling mempengaruhi sifat dan mentalitas satu sama lain. Kamu tak perlu capek-capek melakukan penyesuaian terhadap sikap pasanganmu yang sudah matang dan sulit diubah seperti pernikahan pada umumnya. Sebaliknya, kamu adalah andil terbesar yang membentuk perilaku si pasangan, termasuk bagaimana cara ia menyikapi dunia. He is the product of how both of you share a life and grow together, Darlings. 

  1. Sanggup Menghadapi Krisis

Manfaat Nikah Muda Mendapat Dukungan

Percayalah Darlings, usia 20 – 30 adalah masa peralihan tersulit bagi dewasa muda. Berbagai hal terjadi dalam hidup kita mulai dari tantangan karir, hubungan dengan orang tua serta keluarga besar, gejolak pertemanan, dan lain-lain. Pada masa ini, seorang pasangan yang siap mendengar keluh dan tangismu setiap saat akan jadi kendaraan terbaik dalam mengarungi quarter life crisis. Kamu yang menikah muda tak perlu melalui segalanya seorang diri.

  1. Lebih Sedikit Beban

Manfaat Nikah Muda Ekspektasi Rendah

Untungnya, ketika menikah muda akan banyak pemakluman dari lingkungan sosial terhadap Darlings dan pasangan. Kamu tidak diharapkan cepat-cepat punya momongan atau sebuah rumah sendiri dan kendaraan pribadi. Ekspektasi yang dibebankan pada pasangan yang menikah muda biasanya hanya sebatas keutuhan rumah tangga, alias seberapa lama kalian mampu bertahan. Mengapa? Stabilitas emosi dan kesiapan pasangan muda masih diragukan sehingga ketahanannya jadi yang utama.

Meski secara materi kamu masih boleh bernapas lega, jangan terlalu santai juga, Darlings. Waktu yang lebih lapang seharusnya membuat kamu dan pasangan lebih unggul dibanding mereka yang menikah normal.

Tips Jitu Menyiapkan Rincian Biaya Pernikahan: Halal Itu Murah!

Manfaat nikah muda memang banyak, apalagi kamu akan jadi penyempurna separuh agama seseorang kalau melaksanakannya. Meski demikian, Darlings tak boleh asal siap karena terpengaruh tren. Nikah muda bukan soal penghasilan tetap atau pasangan yang cantik dan tampan. Lebih dari itu, kamu dan pasangan harus punya bekal ilmu berumah tangga.

7 Manfaat NIkah Muda

Ilmu berumah tangga itu apa sih? Kalau belum tahu, artinya kamu belum siap menikah. Mari gunakan waktu untuk mencari tahu. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Darlings.