Bayi Sering Cegukan? Atasi dengan 4 Cara Ini

Anak kamu sering cegukan? Jangan khawatir, Darlings. Cegukan merupakan hal yang lumrah bagi bayi. Ibu muda sering panik dan takut saat mendapati si bayi sering cegukan. Lalu, kamu tahu tidak sih apa penyebab utama cegukan?

Cegukan terjadi ketika bayi mengalami kontraksi otot diafragma secara mendadak dan tak terduga-duga. Kontraksi tersebut membuat udara tertarik dari mulut, sehingga suara cegukan pun terdengar. Selain itu, bayi yang mengalami cegukan bisa jadi pertanda bahwa anak Darlings sedang mengalami stres. Tapi cegukan bisa dihilangkan dengan beberapa cara. Kamu mau tahu? Simak ulasan di bawah ini ya.

Yang Harus Dilakukan Jika Bayi Sering Cegukan:

  1. Tenangkan bayi

Cegukan saat si kecil sedang menyusui merupakan hal yang biasa terjadi bukan? Hal ini dikarenakan si kecil terlalu bersemangat dan kurang tenang saat menyusui sehingga membuat udara jadi masuk ke dalam diafragmanya.

Kamu bisa menghentikan cegukan tersebut dengan cara menenangkannya, yaitu dengan cara mengusap punggung si kecil dengan lembut dan perlahan. Gerakan ini bisa membuat buah hatimu merasa tenang sehingga cegukannya berangsur-angsur akan menghilang.

  1. Pilih Botol Susu yang Tepat

penyebab bayi sering cegukan

Mungkin cegukan yang biasa anak Darlings alami itu disebabkan oleh botol minumnya. Misalnya jika si kecil sedang minum menggunakan botol susu, coba deh sesekali kamu perhatikan apakah botolnya mempunyai regulator dan juga lubang pada dot nya.

Sebaiknya kamu memiih botol dengan lubang dot yang lebih kecil supaya baimu bisa mengatur ritme ketika meminum susu. Jika ritme nya bisa teratur, kemungkinan terjadinya cegukan bisa berkurang. Jadi, mulai sekarang sebelum membeli botol susu atau dot nya saja, kamu cek dulu ya.

  1. Beri Bayi Makan Sedikit Demi Sedikit

Seperti yang kamu ketahui, ketika anak mulai tumbuh besar, ASI bukanlah satu-satunya nutrisi pokok yang dia butuhkan. Selain ASI, si kecil biasanya mulai menkonsumsi makanan pendamping ASI atau biasa disebut dengan MP-ASI, seperti nasi tim.

Bila bayimu sedang makan MP-ASI tersebut, sebaiknya berikan dia makanan sedikit demi sedikit. Jangan sampai Darlings menyuapinya dengan terburu-terburu dan berpikir, “Yang penting anakku cepat kenyang.” Mengapa demikian? Sebab makan dengan tergesa-gesa juga dapat menyebabkan si kecil cegukan lho, Darlings.

  1. Beri Bayi Makan dengan Teratur

cara mengatasi bayi sering cegukan

Bukan hanya orang dewasa yang harus makan teratur, si kecil juga harus seperti itu! Berilah bayi Darlings makan sebelum dia merasa terlalu lapar, karena ketika lapar perutnya akan mengandung banyak gas. Satu lagi, Darlings, cegukan juga bisa menjadi tanda bahwa ada masalah di perut si kecil.

Apabila cegukan itu disebabkan adanya masalah pada lambung akibat gas yang berlebihan, biasanya cegukan akan disertai dengan muntah. Kalau hal ini terjadi, segera bawa si kecil ke dokter agar kamu bisa waspada jika ada masalah lain di perutnya

Oke Darlings, itulah 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan cegukan si kecil. Jangan panik lagi jika bayi sering cegukan, ya. Jangan pernah pula kamu mencoba untuk mengatasi cegukan si buah hati dengan cara mengagetkannya. Jika cegukan si kecil diserta dengan meludah atau batuk, segera bawa ke dokter untuk memastikan dia tidak terkena penyakit pencernaan. Semoga bermanfaat, ya!