arti tangisan bayi
in

Bayi Susah Tidur? Pahami 7 Arti Tangisan Bayi Berikut!

Tangisan bayi adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dan mengutarakan keluhan seperti sakit atau lapar. Bagi orang tua muda yang baru memiliki bayi, pasti akan lebih sulit menghadapi dan memahami arti tangisan bayi. Berikut ini adalah beberapa arti tangisan bayi yang bisa membuatmu jadi lebih peka:

Arti Tangisan Bayi

  1. Si Bayi Merasa Lapar

arti tangisan bayi karena lapar

Umumnya, hal pertama yang muncul di pikiran Darlings ketika si bayi menangis adalah lapar. Kamu bisa membaca gerak-gerik si bayi sebelum ia menangis karena lapar. Misalnya, ia akan mengeluarkan gerak-gerak seperti tidak nyaman dan memasukan tangan ataupun jari ke mulutnya sendiri. Kalau si bayi melakukan hal tersebut sebelum menangis, kemungkinan besar ia merasa lapar. Jadi, Darlings harus siap-siap memberikan ASI, ya.

  1. Mungkin Popoknya Kotor

Darlings harus rutin memeriksa popok si bayi karena ia bisa saja menangis karena merasa tidak nyaman dengan popoknya. Kamu bisa mengecek apakah popoknya terasa berat atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa mengintip isi popok si bayi. Namun, Darlings harus ingat bahwa tidak semua bayi akan menangis ketika popoknya kotor. Cek lah popoknya secara berkala, Darlings.

  1. Si Bayi Mengantuk

arti tangisan bayi mengantuk

Kalau bayimu lelah, ia akan kesulitan untuk tidur. Jadi ketika ia mengantuk karena lelah, ia akan merengek, menangis dan terkadang merasa frustasi karena tidak bisa tidur. Dengan demikian, kalau si bayi sudah merasa mengantuk segeralah gendong dan berikan susu. Lingkungan sekitar pun harus tenang agar ia dapat tidur dengan nyenyak.

  1. Ia Ingin Sebuah Pelukan

Bayi biasanya senang dengan sentuhan-sentuhan lembut karena ia bisa menatap wajah dan mendengarkan suara orang tuanya. Bahkan kadang si bayi bisa mengenali bau orang tuanya . Tangisan adalah salah satu caranya untuk mencari perhatian agar kamu memelukanya. Peluklah si bayi dengan penuh kasih sayang, menyanyilah atau bacakan kitab suci untuknya karena ia pasti akan menyukainya.

  1. Si Bayi Kedinginan atau Kepanasan

arti tangisan bayi karena kepanasan dan kedinginan

Bukan hanya orang dewasa yang bisa protes kalau suhu udara terlalu dingin ataupun terlalu panas,  bayimu juga bisa protes melalui tangisannya. Si bayi kadang menangis setelah mandi karena ia merasa kedinginan. Jadi, Darlings harus siap siaga membuat suhu yang hangat untuk si bayi. Karena selama di kandungan si bayi terbiasa dengan suhu yang hangat, berikanlah ia kehangatan, bukan suhu yang panas.

  1. Mau Tumbuh Gigi

Ketika giginya akan tumbuh, gusi pun terasa sakit. Ada bayi yang ketika mau tumbuh gigi menangisnya kencang dan terus merengek. Jika si bayi menangis dan kamu merasa tak mengerti kenapa, cobalah periksa gusinya. Kalau ada rasa keras di gusinya, kemungkian ada gigi yang mau tumbuh. Darlings harus tahu kalau rata-rata gigi pertama anak akan tumbuh di usia 4-7 bulan, tetapi bisa juga lebih cepat.

  1. Si Bayi Sedang Sakit

arti tangisan bayi karena sakit

Jika bayimu menangis meski sudah diberi makan, popoknya sudah diganti dan lainnya, coba Darlings periksa suhu tubuhnya. Mungkin ia sedang merasakan demam atau sakit kepala. Biasanya, tangisan bayi yang sakit akan berbeda dari tangisan lainnya. Feeling seorang ibu itu kuat, Darlings. Lama kelamaan kamu akan mudah mencirikan tangisan bayi karena sedang sakit.

Demikianlah uraian tentang arti tangisan bayi. Kamu tidak perlu bingung kalau bayimu menangis karena kamu sudah membaca dan memahami tulisan ini. Jadi, kamu dipastikan akan lebih cepat tanggap saat si bayi menangis. Menurut penelitian, bayi yang ketika menangis langsung ditanggapi oleh orang tuanya, maka saat batita nanti ia tidak akan terlalu sering menangis.

melukis alis sesuai bentuk wajah

Cara Membentuk Alis Sesuai Bentuk Wajah

cara mengobati insomia

Cara Mengobati Insomnia (5 Rahasia Yang Membuat Tidur Nyenyak)