Begini 7 Cara Tepat Memberi Pujian pada Anak

Pujian untuk anak bisa berefek baik bila diberikan dengan benar. Pujian yang tidak sesuai hanya membuat anak termotivasi karena hal diluar dirinya. Pujian yang salah akan membuat anak menanamkan nilai diri yang keliru. Hal ini tentu sangat merugikan bagi perkembangan anak kedepannya. Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan saat memuji anak berikut ini penjelasannya.

Cara Benar Memuji Anak

Tatap Anak

Tatapan mata selalu penting untuk membangun komunikasi yang baik. Ketika memuji anak tataplah mata anak, ini akan memberi efek yang baik bagi anak. Jika perlu posisikan tubuh setara dengan tinggi anak agar anak dapat menangkap kontak mata dan ekspresi saat pujian diberikan.

Puji Anak Secara Spesifik

Memberikan pujian yang spesifik membuktikan bahwa orang tua memberi perhatian pada anak. Misalnya ketika anak menggambar, pujilah suatu bagian dari gambar baik itu bentuknya atau warnanya. Pujian yang spesifik membuat anak lebih termotivasi dan mengetahui kelebihan dari apa yang dia lakukan.

Beri Pujian dengan Kesungguhan

Pujilah anak apa adanya, jangan memberi pujian yang dibuat-buat. Anak sangat sensitif terhadap reaksi orang, sehingga mereka dapat mengenali pujian yang sambil lalu atau pujian yang tidak tulus. Memberi pujian dengan kesungguhan membuat anak lebih yakin terhadap kemampuan dirinya.

Jangan Fokus pada Hasil

Pujian yang diberikan hanya saat anak mencapai suatu hal dengan hasil yang baik, dapat berdampak buruk pada anak. Pujian karena hasil yang baik membuat anak tidak mampu menghadapi kegagalan. Anak tidak akan menghargai dirinya ketika mengalami kegagalan.

Sangat penting bagi orang tua untuk menghargai dan memuji proses anak mencapai sesuatu. Hindari memuji anak dengan memberi suatu penilaian baik dan buruk. Pujilah anak atas usaha yang dikerahkan, terlepas dari hasil yang baik atau buruk. Cara ini akan membuat anak dapat menerima hasil yang dia capai dengan usaha yang keras.

Komunikasikan dengan Baik

Pujian tidak harus dengan kata-kata, gesture dan ekspresi dapat menjadi cara untuk memuji. Berikan senyuman, anggukan, atau tanda jempol pada anak, sudah membuat anak puas. Komunikasi tanpa kata ini dapat menjadi cara untuk membuat anak lebih terdorong untuk melakukan sesuatu hingga selesai.

Tidak Usah Berlebihan

Pujian yang berlebihan dan terus menerus diberikan akan menghilangkan arti dari pujian. Pujian yang berlebihan membuat anak salah mengukur kemampuannya dan berisiko membuat anak merasa gagal saat tidak mampu. Padahal ketidakmampuan pada anak kerapkali karena masa perkembangan yang belum sesuai. Pujian terus menerus membuat anak melakukan sesuatu hanya untuk dipuji.

Lakukan Pujian untuk Kemampuan Anak

Pujian dapat membuat anak merasa dibandingkan jika tidak diberikan dengan benar. Pujilah anak karena kelebihan pribadinya daripada perbandingannya dengan orang lain. Memberi pujian dengan perbandingan apalagi antar saudara akan membuat anak tidak memahami dirinya dan membuat saudara lainnya merasa minder.

Pujian pada anak bisa berdampak baik bila dilakukan dengan benar. Orang tua perlu memperhatikan beberapa hal saat memuji anak. Pujian pada anak sebaiknya dilakukan dengan tulus, menggunakan komunikasi yang bagi, menghargai proses, dan lainnya. Pertimbangan yang baik saat memuji anak, membuat anak merasa dihargai dan lebih percaya diri.