Bikin Kulit Wajah Cerah dengan 3 Cara Alami nan Mudah

Memiliki kulit wajah cerah menjadi impian bagi hampir semua wanita. Terkadang permasalahan yang dialami adalah warna kulit yang tidak merata, seperti kulit yang lebih gelap di leher namun kulit wajah tetap cerah. Ada juga yang kulit wajahnya kusam, kering dan gelap karena terkena sinar matahari.

Meski banyak produk pencerah, tidak semuanya cocok untuk kulit Anda. Belum lagi, jika ada beberapa produk dengan kandungan bahan kimia yang justru menimbulkan efek samping pada kulit, seperti kulit menjadi kusam, atau warna kulit jadi tidak merata. Namun, jangan khawatir karena ada cara-cara alami untuk mencerahkan kulit wajah Anda.

Cara Alami untuk Membuat Kulit Wajah Cerah

Menggunakan Jeruk

Jeruk sangat kaya vitamin C, nutrisi penting untuk kulit. Buah ini juga mengandung sifat pemutihan yang sangat kuat untuk mencerahkan kulit. Anda dapat menggunakan jeruk dengan dua cara sebagai pencerah. Pertama, campurkan dua sendok makan air jeruk dengan sejumput bubuk kunyit lalu aplikasikan ke wajah dan leher sebelum tidur. Diamkan selama 20-30 menit lalu bilas.

Alternatifnya, buat pasta dengan campuran satu sendok makan parutan kulit jeruk kering dengan satu sendok makan plainyogurt, aplikasikan pada wajah lalu diamkan 15-20 menit kemudian bilas. Ini akan membantu menyamarkan bintik hitam dan kusam pada kulit wajah.

Memakai Madu

Madu merupakan bahan perawatan kulit yang memiliki sifat pemutihan serta sangat baik untuk melembabkan. Jadi, madu juga dapat membantu meratakan warna kulit Anda. Cara pertama, aplikasikan madu murni secara langsung pada wajah, biarkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Madu akan mengangkat sel-sel kulit mati serta menjadikan kulit wajah cerah dan lebih segar.

Cara yang kedua ialah dengan membuat masker madu. Campurkan satu sendok teh madu, satu sendok teh air lemon, setengah sendok teh minyak almond, dan satu sendok teh susu bubuk. Aplikasikan dengan lembut pada kulit, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan tiap hari untuk hasil yang optimal.

Menggunakan Pepaya

Sudah sejak lama pepaya dipakai untuk perawatan kecantikan terutama mencerahkan kulit wajah. Berkat sifat pemutih alami serta kandungan nutrisi penting lainnya, pepaya dapat membuat kulit Anda sehat dan bersinar. Cara paling sederhana untuk memanfaatkan pepaya adalah dengan memakannya.

Untuk alternatifnya, bisa juga Anda mengupas kulitnya kemudian gunakan bagian dalam kulit tersebut untuk digosokkan dengan lembut pada wajah, lalu biarkan hingga kering. Jika sudah, gunakan air dingin untuk membilas wajah Anda, sambil tepuk-tepuk wajah hingga kering. Lakukan perawatan ini setiap hari.

Demikianlah cara-cara alami yang dapat Anda coba sendiri di rumah untuk menjadikan kulit wajah cerah. Cantik itu tidak harus mahal, kan?