Cara Mengatasi Jamur Kuku Agar Tangan dan Kaki Tampak Lebih Indah

Kemunculan jamur kuku, baik pada jari tangan maupun jari kaki bisa membuat keindahan dua anggota tubuh tersebut berkurang. Kondisi munculnya jamur ini biasa disebut sebagai onikomikosis dengan gejalanya yang terdiri atas kuku tampak kusam, kuku menjadi menebal, kuku berubah bentuk, kuku berwarna kehitaman serta mudah retak atau rapuh.

Dalam skenario lainnya bahkan jamur ini bisa membuat kuku terpisah dari alasnya sehingga penderita bisa merasakan nyeri pada bagian yang terkena. Selain itu, jamur ini juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Adakah cara untuk mengatasi hal tersebut? Jawabannya tentu saja ada, dan cara yang dimaksud akan dijabarkan seperti berikut.

Cara Mengatasi Jamur Kuku

Dengan Memanfaatkan Lemon

Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan lemon. Kenapa lemon? Karena lemon ini mempunyai sifat antimikotik dan antibiotik yang membuatnya dapat diandalkan untuk mengusir jamur-jamur yang terdapat pada kuku. Caranya sederhana, cukup ambil potongan lemon lalu gosokkan langsung pada kuku yang ada jamurnya.

Kalau Anda tidak suka dengan cara tersebut, Anda bisa menggunakan cara yang lainnya, yaitu campurkan lemon dengan baking soda. Aduk kedua bahan supaya tercampur merata kemudian oleskan pada kuku yang terkena jamur.

Dengan Memanfaatkan Bawang Putih

Sama seperti lemon, bawang putih juga mempunyai sifat antibiotik plus antimikroba yang cukup kuat sehingga mampu menghilangkan jamur serta kuman penyebab infeksi. Adapun cara memanfaatkan bawang putih ialah dengan menghaluskan sekitar 10 siung bawang putih, kemudian campurkan dengan air hangat secukupnya saja.

Diamkan dulu sejenak setelah itu celupkan kuku Anda yang terkena jamur tadi kira-kira selama 15 menit. Cara yang lainnya adalah campurkan bawang putih yang telah dihaluskan dengan minyak zaitun, lalu oleskan pada bagian kuku yang terkena jamur. Setelah itu diamkan kira-kira selama 30 menit lalu cuci.

Dengan Menggunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil memang sudah dikenal sebagai fungisida serta antiseptik sejak dulu. Karenanya Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengusir jamur yang terdapat pada kuku. Caranya mudah, cukup oleskan tea tree oil pada pada kuku. Jika Anda tidak suka bersentuhan langsung dengan tea tree oil tersebut, silahkan Anda gunakan kapas sebagai perantara.

Celupkan kapas tersebut pada tea tree oil lalu gosokkan pada bagian kuku yang berjamur. Cara yang lainnya adalah campurkan tea tree oil dengan minyak zaitun lalu gosokkan pada kuku yang ada jamurnya.

Dengan Menggunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mempunyai rasa yang asam dan asam inilah yang nantinya sangat bermanfaat dalam memberantas jamur kuku. Caranya silahkan Anda tuang cuka sari apel dalam wadah yang cukup besar, kemudian masukkan air secukupnya.

Pastikan bahwa cuka sari apel dan air ini tercampur merata lalu gunakan untuk merendam tangan atau kaki yang terdapat jamurnya. Lakukan hal tersebut kira-kira selama 20 menit atau 15 menit, barulah kemudian keringkan tangan atau kaki.

Itulah cara mengatasi jamur kuku secara alami. Kalau Anda lebih suka dengan perawatan medis, silahkan Anda kunjungi dokter lalu konsultasikan masalah Anda. Nanti dokter akan merumuskan solusinya untuk Anda.