cara mengobati insomia
in

Cara Mengobati Insomnia (5 Rahasia Yang Membuat Tidur Nyenyak)

Darlings masih terjaga hingga jam 2 pagi atau subuh? Ada kemungkinan kamu mengidap insomnia atau gangguan susah tidur. Insomnia bisa timbul karena stress, depresi, atau sebagai gejala penyakit kronis.

Insomnia yang cukup parah biasanya akan ditangani oleh dokter. Namun, jika insomnia Darlings belum terlalu parah, kamu bisa mencoba beberapa cara mengobati insomnia berikut:

Cara Mengobati Insomnia yang Bisa Kamu Terapkan

  1. Membiasakan Tidur Teratur

cara mengobati insomnia dengan tidur teratur

Carilah kegiatan yang bisa membuat Darlings mengantuk, misalnya dengan sengaja membaca artikel panjang tanpa gambar yang tak sesuai dengan minat kamu. Rutinitas tidur cepat harus dibiasakan, termasuk saat akhir pekan. Biasakan tidur sebelum jam 12 malam dan bangun sebelum jam 8 pagi. Dengan mempunyai siklus tidur yang normal, insomnia perlahan akan hilang.

  1. Jangan Merokok

cara mengobati insomnia dengan berhenti merokok

Jika Darlings perokok dan mengalami insomnia, berhentilah merokok mulai sekarang. Nikotin pada rokok dapat menyebabkan jam biologis yang ada di dalam otak dan paru-paru terganggu. Hal ini membuat tubuh terhalang dari tidur nyenyak dan selalu terjaga pada dini hari.

  1. Batasi Konsumsi Kafein 

cara mengobati insomnia dengan tidak minum kopi

Langkah selanjutnya, batasi kafein yang kamu konsumsi dalam segelas kopi. Jika Darlings memang penggemar kopi, usahakan tidak meminum kopi setelah jam 7 malam. Selan itu, batasi juga jumlah gelas kopi yang kamu konsumsi. Kafein dalam kopi, terutama yang terkandung dalam espresso, bisa menyebabkan kamu terjaga sepanjang malam.

  1. Jangan Bekerja Sebelum Tidur

cara mengobati insomnia dengan tidak bekerja sampai larut

Jangan membuat otak sibuk dengan pekerjaan atau tugas kuliah yang menumpuk. Hal tersebut akan menghalangi tubuh dan otak Darlings untuk mendapat waktu istirahat yang berkualitas. Pastikan kamu menghentikan segala aktivitas bekerja paling tidak 2 jam sebelum pergi tidur.

  1. Perbanyak Konsumsi Magnesium

cara mengobati insomnia dengan magnesium

Terakhir, Darlings hanya perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium. Beberapa di antaranya adalah kacang almond, bayam, kacang mede, dan makanan yang tinggi akan serat dan vitamin B. Makanan-makanan tersebut akan membantu kamu tidur lebih cepat dan nyenyak di malam hari

Karena tidur yang berkualitas sangat penting bagi produktivitas keesokan harinya, Darlings yang mengalami insomnia bisa mencoba kelima tips di atas. Namun ingat, kalau kondisinya sudah parah, kamu sebaiknya pergi menemui dokter. Selamat tidur, Darlings.

arti tangisan bayi

Bayi Susah Tidur? Pahami 7 Arti Tangisan Bayi Berikut!

cara mengecilkan pinggul

Mau Tahu Cara Mengecilkan Pinggul? Siasati Dengan 7 Gaya Fashion Ini