Hati-Hati Bunda! Ini Lho, Bahaya Keseringan Main Gadget Buat Anak

Orang tua seringkali menjadikan gadget sebagai alat untuk membuat anak diam dan tidak rewel. Lama kelamaan gadget menjadi kebiasaan yang tidak bisa anak lepaskan. Anak menjadi sangat bergantung pada gadget dan menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Akses gadget yang terlalu lama dapat membahayakan kesehatan dan perkembangan anak. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Dampak Buruk Gadget pada Anak

Mengalami Masalah Mata

Terlalu lama menatap layar gadget bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata anak. Aturlah tingkat terang dari layar gadget. Jarak pandang mata dengan layar juga harus diperhatikan. Mintalah anak untuk mengistirahatkan mata setiap 10-20 menit agar mata tidak terlalu lelah.

Kesulitan dalam Bersosialisasi

Anak yang terlalu asyik bermain gadget, tidak terlalu memperhatikan lingkungan sekitar. Anak akan lebih memilih bermain game di gadget atau menonton video dibanding bermain dengan anak lain. Padahal bermain dan berinteraksi dengan teman sebaya sangat penting untuk perkembangan emosi dan sosial anak. Kemampuan sosial tidak dapat dilatih melalui gadget. Sebab itu batasi akses gadget pada anak.

Radiasi

Gadget jenis apapun yang tanpa kabel memancarkan radiasi yang berbahaya bagi anak. Tidak seperti orang dewasa radiasi gadget lebih berpengaruh terhadap anak. Hal ini dikarenakan otak dan sistem imun anak masih dalam proses perkembangan. Proses perkembangan ini dapat terganggu bila anak terpapar sinar radiasi.

Kesulitan Tidur

Anak yang terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget dapat mengalami masalah tidur. Cahayablue lightdari layar gadget mirip dengan cahaya siang hari. Cahaya ini membuat otak keliru dalam menentukan waktu tidur. Oleh karena itu, jauhkan anak dari gadget 1-3 jam sebelum jam tidur. Sebagai gantinya bacakan buku cerita untuk anak.

Anak Tidak Banyak Kegiatan Fisik

Anak masih dalam proses perkembangan, salah satunya yakni perkembangan fisik. Anak dapat berkembang baik secara fisik, melalui berbagai aktivitas fisik. Banyak berkegiatan akan melatih sistem motorik pada anak. Ketika anak duduk diam bermain gadget dalam jangka waktu lama, kemampuan otot anak secara keseluruhan tidak mengalami stimulasi. Ini akan menghambat kemampuan gerak pada anak.

Anak yang keseringan bermain gadget dan kurang aktivitas fisik, lebih berisiko mengalami obesitas. Masalah obesitas bagi anak sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan anak. Anak obesitas berisiko terkena diabetes, stroke, masalah jantung, dan harapan hidup yang rendah. Berbahaya bukan?

Masalah Perilaku

Orang tua yang tidak mengawasi konten gadget anak, dapat menyebabkan anak mengakses konten yang tidak tepat. Permainan game gadget banyak yang berisi kekerasan dan konten dewasa. Konten yang tidak pantas ini, bisa ditiru oleh anak dan membuat anak berperilaku agresif. Selalu awasi konten game atau informasi internet yang diakses anak, pastikan hanya konten yang mendidik saja yang bisa diakses anak.

Anak Ketagihan Gadget

Kecanduan gadget pada anak sangat mungkin terjadi pada anak. Berbeda dengan orang dewasa yang punya kontrol terhadap dirinya, anak belum dapat mengendalikan diri dengan baik.

Ketidakmampuan mengendalikan diri membuat anak sangat bergantung terhadap sesuatu yang dianggap menyenangkan dan menghibur. Gadget memberi hiburan bagi anak sehingga anak akan terus membutuhkannya jika tidak dibatasi.

Kesulitan Berkonsentrasi

Gadget menyediakan kemudahan dan kecepatan akses. Kecepatan perpindahan konten di gadget ini membuat anak sulit untuk menjaga fokus dalam jangka waktu yang lama. Anak akan mudah teralih dan tidak konsentrasi. Hal ini berdampak secara tidak langsung pada kemampuan anak untuk belajar dan bertahan untuk menyelesaikan suatu hal.

Gadget pada anak yang tidak terawasi dan dibatasi oleh orang tua dapat berefek buruk bagi anak. Beberapa efek sangat berbahaya bagi perkembangan anak. Efek buruk tersebut yaitu kesulitan tidur, anak menjadi ketagihan, anak sulit berkonsentrasi, anak mengalami gangguan mata, dan efek buruk lain.