Hati-Hati! Ini 5 Tanda Anda Terjebak dalam Pernikahan yang Tidak Sehat dan Cara Mengatasinya

Siapa yang tidak menginginkan kehidupan pernikahannya berjalan tanpa ada masalah. Pada kenyataannya, setiap rumah tangga pasti memiliki kerikilnya masing-masing. Tak ada satu pasangan pun yang tidak dihadapkan dengan rintangan. Dan bagi mereka yang berhasil melalui halangan tersebut, hubungan asmara dengan pasangan akan semakin mesra.

Namun tidak menutup kemungkinan sumber permasalahan sebenarnya ada di dalam diri pasangan Anda. Dan terus memaksakan diri bertahan dalam keadaan seperti ini justru akan membawa dampak buruk bagi diri Anda dan anak-anak. Berikut ini beberapa tanda yang menjadi petunjuk nyata jika Anda tengah terjebak dalam pernikahan yang buruk dan bagaimana cara menyelesaikannya.

Tanda Kehidupan Pernikahan Anda Tak Sehat

Lebih Suka Memendam Emosi

Sering dilecehkan secara verbal, atau yang paling buruk disiksa secara fisik setelah konflik kecil. Dan pasangan bukannya membantu Anda mengatasi permasalahan, justru menuduh Anda yang salah. Anda pun lebih suka memendam emosi.

Merasa Takut dan Menghindari Seks

Hubungan seks seharusnya menjadi hal yang paling dinantikan oleh setiap pasangan suami istri. Tetapi bagi mereka yang berada dalam pernikahan tak sehat justru takut, bahkan berusaha menghindari hal satu ini.

Pasangan Kerap Berbuat Kasar

Baik Anda maupun pasangan tidak sanggup lagi berkomunikasi secara baik-baik. Tak jarang pasangan melayangkan kata-kata kasar atau bahkan pukulan hanya karena kesalahan sederhana.

Ada Rahasia di Antara Kalian

Kebohongan bisa membawa kehidupan rumah tangga Anda dan pasangan ke dalam jurang kehancuran. Ketika kalian berada dalam hubungan yang tak sehat, rahasia menjadi hal yang biasa hingga akhirnya dusta pun mulai mewarnai hari-hari Anda.

Tidak Ada Lagi Cinta dan Sayang

Anda dan pasangan mulai saling membenci. Segala sesuatu yang Anda dan pasangan lakukan hanya menghasilkan komentar negatif dan penghinaan. Kebencian semakin bertumpuk hingga Anda lebih merasa nyaman berada jauh dari pasangan.

Cara Mengatasi Pernikahan yang Tak Sehat

Analisa Hubungan Anda dan Pasangan

Buatlah daftar semua hal tentang kehidupan pernikahan Anda yang tak dapat lagi Anda pertahankan. Analisa hubungan asmara Anda sekali lagi. Jika memungkinkan ajak pasangan berkomunikasi secara baik. Ajak satu orang yang netral sebagai penengah.

Cobalah Mengatasi Ketakutan Anda

Tak ada seorang pun yang ingin pernikahannya berakhir, seberapa buruk kehidupan di dalamnya. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, terutama anak-anak. Namun di sini Anda-lah yang memegang kendali. Hadapi ketakutan itu dan bertindaklah.

Hadapi Pasangan Anda

Setelah membuat daftar yang berisi rincian semua hal yang tak lagi bisa Anda tolerir, beritahukan semuanya kepada pasangan mengena keputusan Anda untuk mengakhiri pernikahan. Jangan lupa jelaskan apa alasan Anda.

Jangan Mau Dimanipulasi Lagi!

Ketika Anda sudah menganalisis hubungan, mengatasi ketakutan, dan memberitahukan apa yang Anda inginkan, tetaplah teguh pada pendirian. Jangan sampai Anda terlena dan termanipulasi oleh janji-janji manis pasangan.

Tidak ada pernikahan yang sempurna, namun jangan sampai alasan tersebut membuat Anda bertahan dalam pernikahan yang buruk. Semua orang berhak merasakan kebahagiaan. Begitu juga dengan diri Anda dan anak-anak.