bayi menangis
in

Hati-hati, Penyebab Bayi Rewel Ternyata Bisa Karena Stres! Kamu Harus Peka pada Tanda-tandanya

Darlings pasti setuju kalau stres merupakan hal yang sering dialami orang dewasa, misalnya karena aktivitas sehari-hari. Namun, siapa sangka ternyata stres juga dialami oleh bayi. Hati-hati Darlings, stres juga bisa menjadi salah satu penyebab bayi rewel, lho.

Stres yang dialami oleh bayi biasanya diakibatkan oleh faktor lingkungan, seperti suasana yang terlalu ramai atau perubahan cuaca yang drastis. Selain itu, stres pada bayi juga dapat diakibatkan karena bayi merasa tak nyaman, sakit, atau bahkan kebutuhan dasarnya tidak terpenuhi (pemberian susu).

Mengetahui tanda-tanda bayi stres memang cukup sulit. Hal ini dikarenakan bayi memiliki keterbatasan, yaitu belum dapat berbicara layaknya orang dewasa. Tapi jangan khawatir, kamu tetap dapat mengenali tanda-tanda bayi yang mengalami stres dengan cara berikut kok!

Kenali Tanda-Tanda Bayi Stres yang Bisa Jadi Penyebab Bayi Rewel:

1. Bayi Kerap Menangis

Tanda yang paling mudah dikenali saat bayi merasa stres adalah bayi menjadi rewel dan menangis. Menangis memang sering sekali dilakukan oleh bayi, tapi penyebab bayi rewel belum tentu stres. Jika bayi merasa stres ia akan menangis dengan keras dan sulit untuk ditenangkan. Kamu bisa kan membedakan tangisan biasa dan tangisan karena stres?

2. Gelisah dan Murung

bayi

Saat paling bahagia dalam hidup adalah ketika bayi kita merasa senang dan ceria saat diajak bermain, ya kan Darlings? Namun, tidak demikian halnya jika bayi sedang mengalami stres. Bayi yang stres akan murung atau bahkan akan menangis saat diajak bermain. Selain itu, ia juga akan gelisah di malam hari, misalnya dengan sebentar-sebentar terbangun dari tidurnya. Kalau sudah begini, jam tidurmu juga pasti ikut terganggu, Darlings.

3. Melakukan Gerakan yang Tak Wajar

Tanda lain yang akan ditunjukkan oleh bayi jika ia sedang merasa stres adalah melakukan gerakan yang tak wajar. Misalnya, ia akan menendang-nendang kakinya dengan keras atau menghentakkan tangannya ke segala arah. Ia juga melengkungkan punggung sambil menangis.

Jika hal ini terjadi sebaiknya Darlings menenangkan bayi dengan cara menggendongnya sambil menepuk-nepuk punggungnya secara perlahan agar si bayi dapat tenang.

4. Dia Tak Mau Lepas

bayi rewel

Bayi yang mengalami stres selalu ingin dekat dengan ibunya. Jika Darlings meninggalkannya sebentar, bayi yang mengalami stres akan menangis dan tidak mau lepas darimu meski sebentar saja. Repot juga ya, Darlings?

5. Pencernaannya Terganggu

Tanda lain yang dapat dikenali saat bayi mengalami stres adalah pencernaannya terganggu. Bayi yang stres akan rentan terkena penyakit pada pencernaannya. Jika hal ini timbul, yang perlu Darlings lakukan adalah memijat perut si bayi dengan menggunakan minyak telon, karena hal ini dapat membuatnya menjadi lebih tenang dan nyaman.

Nah, bagaimana Darlings? Kini kamu sudah tahu satu lagi penyebab bayi rewel, yakni stres. Kalau mendapati tanda-tanda stres di atas, kamu harus langsung menenangkan dan membuat bayimu merasa nyaman ya. 

 

tanda kanker payudara

Kamu Mungkin Tak Menyadari 5 Tanda Kanker Payudara Ini, Cek Sebelum Terlambat!

bahaya high heels

Kata Siapa Beauty is Pain? Yuk Hindari Bahaya High Heels dengan Cara-cara ini!