5 Perjuangan yang Akan Kamu Rasakan Saat Menjalani Hubungan LDR

Menjalani hubungan LDR menjadi pengalaman yang berharga dan tidak bisa dilupakan begitu saja. Sebab ada banyak perjuangan yang dilakukan oleh kedua pasangan dalam masa-masa tidak bertemu dan berjarak itu. Seolah-olah kita sedang menabung rindu untuk kemudian dipecah celengan tersebut di kemudian hari.

Menjadi pasangan yang baik tentu merupakan syarat mutlak bagi siapa saja yang menjalani hubungan LDR. Pasangan yang baik dalam arti tidak pernah berniat untuk mencari pelampiasan karena tidak bertemu. Alias selingkuh. Hal ini sangatlah rentan karena kebutuhan untuk bertemu juga meninggi.

Namun apabila kamu dapat menyikapi, perjuangan-perjuangan dalam menjalani hubungan LDR tentu akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah kamu sesali. Pengalaman untuk memiliki komitmen dan kepercayaan satu sama lain. Nah, kira-kira perjuangan apa lagi yang akan kamu rasakan? Simak yuk!

1. Hubungan LDR: Melatih komitmen pasangan

Hubungan LDR

Buatmu yang memutuskan untuk menjalani hubungan LDR, itu tandanya kamu memutuskan untuk melatih komitmen satu sama lain. Komitmen untuk selalu setia pada pasangan. Komitmen untuk selalu percaya apa yang dilakukan pasangan, tanpa kita awasi dan lihat secara langsung. Komitmen untuk saling menjaga diri dan perasaan.

Hubungan jarak jauh ini tentu akan melatih sikap komitmen tersebut. Melatih bagaimana untuk menjaga diri agar tidak tergoda oleh lawan jenis yang lain. Berlatih untuk membatasi pergaulan dan terus menjalin komunikasi dengan baik bersama pasangan. Komitmen tentang berhubungan sehat bersama pasangan.

2. Belajar menghargai satu sama lain

Hubungan LDR

Menghargai satu sama lain juga menjadi hal yang akan kamu perjuangkan selama menjalani hubungan LDR. Kamu akan belajar bagaimana menghargai sikap pasangan. Kamu tidak bisa lagi mengaturnya untuk tidak pergi bersama teman-temannya. Tidak bisa lagi mengaturnya untuk selalu ada buatmu.

Di jarak yang jauh tersebut, akan selalu ada alasan kenapa kalian berdua berpisah. Salah satunya adalah demi mewujudkan mimpi dan cita-citanya. Untuk pendidikan. Untuk pekerjaan. Untuk sesuatu hal yang kamu tidak bisa ikut campur dalam memutuskan. Di sinilah titik di mana kamu belajar menghargai pasangan.

3. Menambah hasrat untuk bertemu, menabung rindu

Hubungan LDR

Hasrat untuk bertemu pun menjadi salah satu perjuangan yang akan kamu rasakan selama menjalani hubungan LDR. Hasrat menabung rindu yang akan kamu tabung selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Hasrat yang semakin membesar apabila kalian berdua semakin jarang berbicara satu sama lain.

Kamu ingin berpelukan dengannya. Ingin merasakan bagaimana hangatnya pelukan seorang kekasih yang telah lama berjarak untuk meraih mimpi. Ingin segera mewujudkan mimpi dan bersatu kembali. Ingin bertemu untuk bercerita tentang keseharian yang kamu lalui. Ingin segera menatap matanya dalam-dalam, kemudian hanyut dalam pelukan.

4. Interaksi pasangan jadi lebih mengena

Hubungan LDR

Interaksi yang kamu lakukan bersama pasangan pun akan jadi lebih mengena dan memiliki makna. Setiap obrolan bukan lagi menyangkut “Kamu lagi apa?” tetapi lebih ke “Bagaimana aktivitasmu hari ini, apakah sudah dekat dengan mimpi?” Kamu dan dia jadi lebih bisa memaknai setiap perisitwa yang ada dalam keseharian.

Interaksi yang bermakna ini tentu hanya akan kamu dapatkan saat kamu dan dia memutuskan menjalani hubungan LDR. Hubungan yang memaksa kalian berdua untuk saling percaya satu sama lain. Saling mendoakan. Saling memegang komitmen yang sudah disepakati. Sehingga setiap interaksi bukan lagi remeh, tapi selalu punya arti.

5. Melatih komunikasi jadi lebih bagus

Hubungan LDR

Komunikasi sangatlah penting dalam hubungan romansa, apalagi buat kamu yang menjalani hubungan LDR. Komunikasilah yang akan mengantarkan pesanmu kepadanya, tanpa salah makna. Komunikasi inilah yang akan menenangkan hati setiap orang, termasuk pasangan kamu yang sedang menahan rindu. Komunikasi inilah yang paling penting.

Menyampaikan maksud tentu akan menjadi pertarungan tersendiri. Salah paham yang kerap terjadi pada dua insan yang menjalin asmara, turut kamu antisipasi. Jangan sampai salah komunikasi dan justru memperkeruh keadaan. Di saat kondisi yang saling jauh ini, hanya komunikasi yang bisa diandalkan antara keduanya.

Itulah tadi sederet perjuangan yang akan kamu rasakan apabila memutuskan untuk menjalani hubungan LDR. Hubungan ini memang tidak mudah, namun juga tidak mungkin untuk dilakukan. Masing-masing dari kita memiliki prioritas hidup dan mungkin juga dapat mengorbankan jarak di antara keduanya.