Inilah 5 Cara Untuk Mengatasi Nyeri di Awal Menstruasi yang Sangat Menyiksa

Sebagian besar wanita yang mengalami menstruasi pasti mengalami nyeri di awal maupun pada saat terjadi menstruasi. Penyakit kram atau nyeri tersebut dinamakan  Dismenorea. Dismenorea merupakan nyeri yang terjadi pada perut bagian bawah, punggung bagian bawah, paha pada bagian dalam yang terasa ditarik, diare, pusing, dan mual.

Biasanya nyeri tersebut merupakan hal normal dirasakan tiap wanita, akan tetapi apabila sakit yang ditimbulkan terlalu berlebihan maka perlu untuk mendapatkan penanganan. Siklus haid yang terjadi setiap bulan pada wanita, membuat para wanita mau tidak mau harus merasakan sakit nyeri pada tiap bulannya. Untuk mengurangi rasa nyeri yang berlebihan. Simak beberapa informasi berikut ini.

CaraMengatasi Nyeri Di awal Menstruasi yang Sangat Menyiksa

Istirahat secara Cukup

Siklus menstruasi yang terjadi setiap bulan pada wanita terkadang membuat para wanita merasa tidak nyaman, apalagi bila terjadi Dismenorea atau nyeri. Nyeri dapat mengakibatkan aktivitas terganggu untuk itu perlu bagi Anda para wanita mengatur sebaik mungkin waktu untuk Anda gunakan beristirahat.

Beristirahat yang cukup dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan semasa haid. Selain itu, Anda juga perlu mengatur pola olahraga Anda sehingga badan tetap sehat dan kuat menjalani aktivitas sehari-hari.

Konsumsi Suplemen dan Makanan yang Dapat Mengurangi Nyeri

Apabila Anda sering merasakan nyeri yang berlebihan pada saat masa menstruasi, Anda perlu untuk menjaga pola makan. Pilihlah makanan yang mengandung zat gizi yang baik untuk tubuh Anda seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Anda juga perlu mengkonsumsi suplemen seperti yang mengandung kalium, magnesium, vitamin D, vitamin E, omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

KompresDenganHanduk atau Bantal Penghangat

Selanjutnya, apabila pada saat haid terjadi nyeri perut, punggung, ataupun paha secara berlebihan, Anda dapat mengurangi rasa nyeri dengan mengompres bagian yang nyeri dengan menggunakan handuk atau bantal penghangat. Rasa kram atau nyeri akan berkurang secara teratur. Lakukan kegiatan tersebut saat nyeri Anda benar-benar membuat tidak nyaman.

Lakukan Pemijatan Ringan Diantara Perut Bagian Bawah

Hal yang dapat Anda lakukan berikutnya yaitu melakukan pemijatan secara ringan pada perut bagian bawah. Pastikan Anda melakukan secara hati-hati, lakukan pemijatan menggunakan jari telunjuk secara perlahan pada bagian yang sakit. Lakukan pemijatan secara melingkar, ulangi hingga nyeri terasa reda atau menghilang.

Meminum Obat Pereda Nyeri

Terakhir, yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri yang berlebihan pada masa haid adalah dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Obat yang aman dikonsumsi seperti acetaminophen, ibuprofen, naproxen, atau aspirin. Anda perlu meminum pada saat setelah menstruasi. Namun, apabila obat tersebut tidak membantu Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter terkait keluhan Anda.

Nah, itu tadi informasi terkait cara untuk mengatasi nyeri di awal menstruasi yang sangat menyiksa. Jagalah kesehatan Anda supaya tidak mengganggu rutinitas sehari-hari Anda. Semoga bermanfaat!